Senin 23 Oct 2023 15:54 WIB

Xavi Puji Setinggi Langit Marc Guiu yang Bawa Barcelona Menang Atas Bilbao

Xavi melihat pemain muda itu punya potensi dan tak masalah memainkannnya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain muda Barcelona, Marc Guiu, berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao dalam lanjutan La Liga Spanyol, Senin (23/10/2023) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Pemain muda Barcelona, Marc Guiu, berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao dalam lanjutan La Liga Spanyol, Senin (23/10/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez memberikan pujian setinggi-tingginya kepada Marc Guiu setelah mencetak gol kemenangan untuk Blaugrana pada laga lanjutan La Liga Spanyol melawan Athletic Bilbao, Senin (23/10/2023) dini hari WIB. Laga itu jauh dari performa terbaik Barca, tapi kemenangan membuat Blaugrana hanya terpaut satu poin dari Real Madrid dan Girona di puncak klasemen sementara.

Pemain berusia 17 tahun, Marc Guiu, yang melakukan debutnya di tim utama, baru berada di lapangan selama beberapa detik sebelum melepaskan tembakan yang melewati Unai Simon setelah mendapat umpan dari Joao Felix. Seusai pertandingan, Xavi Hernandez merefleksikan pertandingan tersebut dan mengungkapkan kegembiraannya atas gol kemenangan dan Cameo Guiu.

Baca Juga

"Itu adalah kemenangan yang diperjuangkan dengan susah payah. Kami tahu Athletic akan menjadi lawan yang tangguh. Mereka sangat berani. Marc, pemain La Masia, membuat perbedaan bagi kami. Saya senang untuknya dan untuk tiga poin, yang mana itu sangat penting," kata Xavi dikutip dari Football Espana, Senin (23/10/2023).

Pelatih berusia 43 tahun itu mengaku sudah mempersiapkan Guiu untuk laga tersebut. Ia melihat pemain muda itu punya potensi dan tak masalah memainkannya saat tim berada dalam kebuntuan.

Guiu masuk pada menit ke-79 menggantikan Fermin Lopez, tapi tak butuh waktu lama baginya untuk mencetak gol.

"Saya telah memikirkannya karena dia punya tujuan, semangat, dan saya secara pribadi menyukainya. Saya tidak punya masalah untuk pergi ke akademi, justru sebaliknya. Saya memberikan kepercayaan diri yang diberikan Barcelona ketika saya berusia 17-18 tahun," ujar Xavi menjelaskan.

Barcelona sekarang dapat menantikan pertemuan Liga Champions pada Kamis (26/10/2023) melawan Shakhtar Donetsk, sebelum pertandingan akhir pekan depan dengan rival El Clasico, Real Madrid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement