Jumat 27 Oct 2023 07:14 WIB

Sebanyak 4.018 Pelajar dari 191 Sekolah Bersaing di Kualifikasi SAC Bali-Nusa Tenggara

SAC Indonesia adalah kejuaraan atletik pelajar hasil kerja sama PB PASI dan DBL.

Persaingan putra babak penyisihan lari 1,000 meter kategori SMA pada Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers yang digelar Kamis, 26 Oktober 2023, di Stadion Oepoi, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Foto: DBL Indonesia
Persaingan putra babak penyisihan lari 1,000 meter kategori SMA pada Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers yang digelar Kamis, 26 Oktober 2023, di Stadion Oepoi, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG – Kejuaraan atletik pelajar SAC Indonesia untuk kali pertama hadir di Pulau Timor. Berlangsung pada 26-28 Oktober di Stadion Oepoi, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2023 Kualifikasi Bali-Nusa Tenggara (Bali-Nusra Qualifiers) ini menyedot antusiasme para pelajar dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/sederajat. 

Setelah pada edisi perdana tahun 2022 lalu Bali-Nusra Qualifiers sukses terselenggara di Mataram (NTB), kejuaraan atletik pelajar hasil kerja sama PB PASI dan DBL Indonesia ini memberi kesempatan ke daerah lainnya pada edisi 2023. Maka dipilihlah Kupang (NTT). Sejalan dengan  tujuan mempopulerkan atletik serta menjaring bakat-bakat muda dari berbagai daerah khususnya pada level pelajar. 

Baca Juga

Animo dan antusias pun bertumbuh. Total 4.018 pelajar tercatat sebagai peserta pada Bali-Nusra Qualifiers di Kupang musim 2023 ini.  Meningkat dari musim 2022 lalu di Mataram (NTB), yang saat itu diikuti total 3.821 pelajar. Jumlah sekolah yang berpartisipasi mengirimkan delegasinya juga meningkat. Sebanyak 191 sekolah berpartisipasi, yang datang dari tiga provinsi, yakni Bali, NTB, dan NTT. Meningkat dari total 135 sekolah yang terlibat pada edisi 2022. 

Ketua Pengprov PASI Nusa Tenggara Timur, Theo Widodo, mengapresiasi penyelenggaraan SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Dengan adanya kompetisi ini, Theo berharap bisa mendapatkan calon atlet potensial. ”Kami siap memoles lebih lanjut untuk ke depannya agar bisa mewakili provinsi maupun Merah Putih di level internasional," ungkap Theo. 

Theo juga menyebut bahwa penyelenggaraan SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers di Kupang ini bisa menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah untuk ikut mengembangkan olahraga atletik. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTT, Hildergardis Bria Seran juga mengapresiasi SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Pasalnya, baru kali ini di NTT bisa terselenggara kompetisi pelajar dengan skala peserta yang begitu masif. 

"Kami tentunya sangat berterima kasih. Semoga kompetisi ini bisa terus berjalan berkesinambungan. Menginspirasinya generasi seterusnya. Dan kami sebagai tuan rumah siap untuk membantu," ungkap Hildergardis Bria Seran.

SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers memang jadi panggungnya para juara dari kelompok pelajar mencetak prestasi. Salah satunya adalah Jhesiyera Imanella Atok dari SMA Giovanni Kupang. Yang ikut mengukir prestasi di kompetisi ini. 

Tampil pada hari pembuka Bali-Nusra Qualifiers, Kamis (26/10/2023), untuk nomor tolak peluru putri kelompok SMA, yang sekaligus menggelar babak awal hingga final, Ia berhasil naik podium juara setelah mencatatan jarak tolakan terbaik 6,56 meter. Pada posisi kedua ada Intan Koro dari SMAN 3 Kupang dengan perolehan 6,38 meter. Sedangkan di posisi ketiga ada Derlon D. Nenobais dari SMAN 3 Kupang dengan perolehan 5,59 meter. Ketiganya pun berhasil merebut tiket melaju ke babak National Championship, yang akan digelar di Solo, Januari 2024 nanti. Bersaing dengan para juara dari total enam Qualifiers lainnya.

Pada persaingan putra, siswa SMA St. Arnoldus Janssen Kupang, Albertus Aldino Se Ritan merebut podium juara, setelah mencatatkan tolakan sejauh 10,23 meter. Disusul Kenzo Alexandre Taslim dari SMA Giovanni Kupang posisi kedua (10,12 meter), sedangkan di urutan ketiga ada Calvin C. Saputra dari SMAN 5 Kupang (8,66 meter).

Dari nomor lintasan yang melombakan babak penyisihan lari 1.000 meter, wakil SMAN 7 Kupang berhasil menjadi yang tercepat untuk sektor putra dan putri. 

Adalah Alan Sae yang tampil totalitas di penyisihan sektor putra. Siswa SMAN 7 itu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 3 menit 9,47 detik.  Sementara itu, di sektor putri ada Venti Rowina Nope dari SMAN 7 Kupang dengan perolehan waktu 3 menit 36,89 detik. Mereka akan bersaing dengan finalis lainnya pada babak puncak yang digelar Sabtu (28/10).

Pada nomor primadona dalam SAC Indonesia 2023, yakni Lari estafet atau Relays 4x100 meter, babak penyisihan berlangsung seru. Hasilnya, sektor putra dipimpin oleh SMA Giovanni Kupang dengan perolehan 52,97 detik. Disusul dengan tim B dari sekolah yang sama dengan catatan waktu 53,16 detik. Di tempat finalis terbaik ada SMAN 12 Kupang, yang mengantongi waktu 53,56 detik. 

Sementara di sektor putri, juga masih dipimpin oleh SMA Giovanni Kupang dengan catatan 1 menit 6,27 detik. Disusul sebagai finalis terbaik kedua yakni SMKN 1 Kupang 1 menit 6,40 detik. Kemudian di posisi terbaik finalis ketiga adalah SMAN 4 Kupang dengan catatan 1 menit 7,27 detik. 

Bali Nusra Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers, Central Java Qualifiers, dan East Java Qualifiers. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement