Ahad 29 Oct 2023 07:42 WIB

Kesabaran Jonatan Berbuah Kemenangan Menuju Final French Open

Di babak final hari ini Jonatan akan menghadapi Li Shi Feng.

Jonatan Christie
Foto: AP Photo/Ritzau Scanpix
Jonatan Christie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie sukses mengalahkan wakil Singapura, Loh Kean Yew, melalui permainan yang penuh kesabaran. Kemenangan tersebut  mengantarkan Jonatan pada babak final French Open 2023, Sabtu malam waktu Rennes.

Dalam laga partai penutup semifinal tersebut, Jonatan menundukkan Loh dengan dua gim langsung 21-18, 21-13 dalam pertandingan berdurasi 45 menit.

Baca Juga

"Kunci kemenangan saya bermain lebih tenang dan lebih sabar. Dia yang akhirnya jadi tidak sabar," kata Jonatan melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Ahad (29/10/2023).

Secara statistik, Jonatan sangat mendominasi rekor pertemuannya atas juara dunia 2021 tersebut. Tercatat Jonatan menyapu bersih rekor pertemuan dengan skor 6-0.

Meski begitu, Jonatan sejak awal tak mau terlena dengan hasil positif tersebut. Baginya, laga semifinal merupakan pertarungan sengit di mana para pemain dipastikan mengeluarkan kemampuan dan semangat maksimal untuk masuk ke babak final.

"Saya meminimalisir pikiran bahwa saya sudah menang enam kali dan belum pernah kalah dari Loh (Kean Yew). Saya tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Bisa saja dia bermain nothing to lose atau saya yang percaya diri berlebihan jadi bumerang. Saya menanamkan bahwa ini 0-0 lagi, kemenangan yang sudah telah berlalu dan hari ini pasti berbeda," tuturnya.

Pemain unggulan kelima itu juga tak menyangka bisa kembali mencapai babak final, apalagi dalam turnamen berkategori BWF Super 750.

Pengalaman buruk dari dua turnamen sebelumnya membuat Jonatan sangat mensyukuri pencapaiannya di Rennes, dan menambah motivasinya untuk merebut gelar juara yang tinggal selangkah di depan mata. "Tidak ada yang menyangka saya bisa kembali ke final. Puji Tuhan, ini ada campur tangan Tuhan dalam perjalanannya. Setelah dua turnamen kalah babak pertama dari Chou Tien Chen, yang benar-benar penuh tekanan sekali. Di sini babak pertama saya harus menghadapi (Kenta) Nishimoto yang kita tahu, saya tidak pernah mudah melawan dia," ungkap Jonatan.

Pada babak final hari ini Jonatan akan menghadapi unggulan ke-8 Li Shi Feng. Pebulu tangkis asal China itu sebelumnya sempat mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting pada babak perempat final.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement