Senin 30 Oct 2023 23:34 WIB

Menko PMK: Regenerasi Atlet Paragames Harus Cepat

Pemerintah akan memberikan banyak bonus bagi para atlet peraih medali APG 2022.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.
Foto: Kemenkopmk.go.id
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan atlet Paragames harus mengalami proses regenerasi secepatnya. Sebab banyak atlet saat ini sudah tidak bisa berlaga pada Asian Para Games 2026 di Jepang.

"Karena untuk Asian Para Games ke depan mungkin sudah 50 atlet yang sudah tidak berlaga lagi jadi harus ada proses regenerasi. Artinya, regenerasi harus berlangsung secara cepat tidak boleh ditunda-tunda dan harus segera," katanya dalam acara perbincangan dengan tema "Suara Pemuda Menentukan Nasib Bangsa" di Jakarta, Senin (30/10/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan atlet Paragames yang berlaga pada Asian Para Games 2022 tahun ini banyak didominasi usia muda. "Tentu saja mereka semua masih muda-muda atlet kita yang paling bawah ada yang di bawah 16 tahun dan yang paling senior sekitar 27 tahun," kata dia.

Ia mengatakan pemerintah akan memberikan banyak bonus bagi para atlet Indonesia yang meraih medali pada Asian Para Games 2022 Hangzhou, China.

Kemenko PMK tengah berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga terkait dengan pemberian bonus tersebut, termasuk penyampaian kepada Presiden.

Selain bonus prestasi, katanya, seluruh atlet peraih medali, baik emas, perak, maupun perunggu, mendapatkan bonus berupa rumah tinggal yang akan disiapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Menko PMK Muhadjir mengaku sudah memastikan hal itu dan mendapatkan konfirmasi dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Berdasarkan data perolehan medali dipublikasikan di laman resmi penyelenggara Asian Para Games 2022 Hangzhou, Indonesia bertengger di peringkat enam dengan perolehan total 95 medali, terdiri atas 29 emas, 30 perak, dan 36 perunggu.

Ia mengapresiasi capaian prestasi para atlet Indonesia pada ajang tersebut. Muhadjir menyebut banyak kejutan terjadi pada ajang itu, sedangkan target 10 besar dilampaui.

Dia berharap, pada ajang serupa mendatang semakin banyak medali diraih Indonesia dan bisa masuk posisi lima besar. Indonesia mengirimkan 130 atlet pada Asian Para Games 2022 Hangzhou untuk bertanding di 12 cabang olahraga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement