Rabu 01 Nov 2023 06:31 WIB

Profil Timnas Inggris, Salah Satu Unggulan di Piala Dunia U-17 2023

Inggris tergabung di Grup C bersama Iran, Kaledonia Baru, dan Brasil.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Para pemain Inggris saat juara Piala Dunia U-17 2017 di India.
Foto: EPA-EFE/PIYAL ADHIKARY
Para pemain Inggris saat juara Piala Dunia U-17 2017 di India.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Inggris berstatus unggulan di Piala Dunia U-17 2023 yang akan berlangsung di Indonesia pada 10 November-2 Desember tahun ini. Meskipun absen pada edisi terakhir pada 2019, skuad the Young Lions saat ini yang dihuni para pemain dari klub-klub besar Inggris menjadi alasannya.

Inggris tergabung di Grup C. Dalam kelompok itu, mereka bersaing dengan Iran, Kaledonia Baru, dan Brasil. Lima pertandingan Grup C dimainkan di Jakarta International Stadium (JIS), sementara satu lainnya berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat.

Baca Juga

Pertemuan Inggris versus Brasil bakal jadi sorotan. Partai bigmatch tersebut bakal berlangsung di JIS, Jumat (17/10/2023), pukul 19.00 WIB.

Pelatih Greg Lincoln belum mengumumkan skuad yang akan bertandang ke Jakarta. Namun Inggris bakal diperkuat anak-anak muda dengan kualitas mumpuni. Rata-rata berasal dari klub besar.

Berdasarkan data di partai terakhir menghadapi Norwegia, sederet wonderkid the Young Lions merupakan jebolan tim ternama. Di posisi penjaga gawang ada Thorsten Spike Brits (Manchester City). 

Di lini belakang, ada Genesis Antwi asal Chelsea FC. Kian Noble, Man City. Kemudian Leo Sharar dari Newcastle United.

Di area gelandang, ada Oliver Harrison (Chelsea), Trey Nyoni (Liverpool), Callum Olusesi, Tottenham Hotspur. Lalu di area penyerangan, ada Shea Lacey (Manchester United) dan Mike Moore (Spurs). 

Itu belum terhitung nama-nama yang dipanggil pada Piala Eropa U-17 2023 seperti Ethan Nwaneri (Arsenal), Ted Curd (Chelsea). Lalu yang dipanggil dalam laga kontra Portugal, Maroko, Spanyol, di antaranya Chukwuemeka Adiele (West Ham United), Chris Rigg (Sunderland), Elliot Myles (Norwich City).

Inggris merupakan juara Piala DUnia U-17 2017, meskipun dua tahun kemudian gagal lolos ke turnamen serupa. Namun status sebagai perempat finalis Euro U-17 tahun ini layak menempatkan mereka sebagai unggulan di Piala DUnia U-17.

Tim Inggris U-17 diprediksi bisa melangkah jauh di Indonesia. Anak asuh Greg Lincoln bersaing dengan juara bertahan Brasil, Argentina, Prancis, Jepang, serta Senegal yang berstatus unggulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement