Jumat 03 Nov 2023 16:39 WIB

Ini Kata Aryono Miranat Soal Kegagalan Bagas/Fikri dalam Dua Final Kejuaraan Beruntun

Bagas/Fikri hanya menjadi runner-up pada turnamen Denmark Open dan French Open.

Ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.
Foto: Dok Humas PBSI
Ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih ganda putra Pelatnas PBSI Aryono Miranat menilai kegagalan pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dalam meraih gelar juara pada dua babak final secara beruntun, disebabkan kendala mental di lapangan. Menurut Aryono, Bagas/Fikri terlalu percaya diri sehingga permainan mereka terkadang tidak konsisten dan terlalu cepat dalam mengeksekusi serangan.

"Kemarin itu sebenarnya mereka main bagus, hanya mungkin kurang terlalu percaya diri. Setelah itu mungkin cepat puas juga, terus tekanannya tinggi," ungkap Aryono saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga

Sebelumnya, Bagas/Fikri yang tampil pada dua turnamen berkategori BWF Super 750 yaitu Denmark Open dan French Open berhasil mencapai babak final. Sayangnya mereka hanya menyabet titel runner-up setelah kalah oleh Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) pada final Denmark Open, dengan skor akhir 13-21, 17-21.

Lalu pada final French Open, lagi-lagi Bagas/Fikri harus puas sebagai runner-up setelah ditundukkan ganda putra asal Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dengan skor 14-21, 21-10, 18-21.

Usai kekalahan tersebut, Aryono sudah memberikan motivasi dan masukan kepada Bagas/Fikri terkait pola permainan mereka yang belum rapi. "nAMUN setelah kami bicara pelan-pelan, mainnya jadi lebih tenang lagi. Sedikit-sedikit ada kepercayaan diri lagi," tutur Aryono.

Namun, secara keseluruhan, Aryono melihat ada perkembangan positif dari Bagas/Fikri pada Denmark Open dan French Open.

Meski Bagas/Fikri over confidence, tapi hal itu menjadi pertanda baik karena akhirnya bisa mengembalikan rasa percaya diri mereka setelah sempat berpenampilan buruk satu tahun terakhir.

"Bukan hanya Bagas/Fikri saja perlu ditingkatkan kepercayaan dirinya, pertahanan, lalu akurasi pukulannya. Kalau serangan sih sudah cukup bagus, cuma itu tadi, pertahanan, akurasi juga," tutur Aryono.

Begitu pula dengan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang mendapat penilaian positif dari sang pelatih.

Aryono menilai Fajar/Rian juga kembali memilik kepercayaan diri setelah mampu mengalahkan ganda putra asal Inggris Ben Lane/Sean Vendy pada babak 16 besar Denmark Open.

"Fajar/Rian sedikit naik kepercayaan dirinya, terutama saat mereka menang dari Ben/Sean. Biasanya kan kalah ya, tapi kemarin bisa menang. Jadi mereka ada sedikit kepercayaan diri," kata Aryono.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement