Jumat 03 Nov 2023 17:19 WIB

Menanti Pundi-Pundi Gol Arkhan Kaka di Piala Dunia U-17 2023

Arkhan menjadi salah satu pemain termuda di timnas Indonesia U-17.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang timnas Indonesia U-17 Arkhan Kaka,
Foto: REPUBLIKA/Afrizal Rosikhul Ilmi
Penyerang timnas Indonesia U-17 Arkhan Kaka,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arkhan Kaka dipastikan menjadi satu dari 21 pemain yang mengisi skuad timnas Indonesia di gelaran Piala Dunia U-17 2023. Menilik performa apiknya di babak kualifikasi Piala Asia U-17, Oktober 2022, penyerang berusia 16 tahun itu digadang-gadang menjadi andalan tim Garuda Muda di edisi ke-19 Piala Dunia U-17 tersebut.

Dalam usia 16 tahun, Arkhan menjadi salah satu pemain termuda di tim besutan Bima Sakti. Kendati begitu, Arkhan menjadi satu-satunya pemain di skuad timnas Indonesia U-17 yang telah memiliki kontrak bersama salah satu klub kontestan Liga 1.

Baca Juga

Jebolan SSB Tunas Muda Blitar itu diketahui sudah terikat kontrak dengan Persis Solo. Berdasarkan data dari Transfermarkt, Arkhan memiliki kontrak bersama Persis hingga 30 Juni 2026 mendatang. Kaka sudah menghuni tim utama Persis Solo secara reguler sejak musim lalu.

Kala melakoni debut bersama Persis Solo di pentas Liga 1 musim lalu, tepatnya saat menggantikan Irfan Bachdim di laga kontra Persib Bandung, April 2023, Arkhan menorehkan rekor baru di pentas Liga Indonesia. Dalam usia 15 tahun, tujuh bulan, dan dua hari, Arkhan tercatat menjadi pemain termuda Liga 1 dalam rentang waktu 1994 hingga 2023.

Kepercayaan manajemen Persis Solo untuk mengontrak Arkhan bukan tanpa alasan. Arkhan mulai menarik minat Persis Solo saat menjadi top skorer Bhayangkara FC di Elite Pro Academy (EPA) U-16. Arkhan akhirnya direkrut Persis Youth Academy pada Februari 2022. Tidak perlu waktu lama, Arkhan langsung dipromosikan ke tim utama Persis Solo.

Penampilan apik di EPA U-16 membuka jalan Arkhan ke timnas Indonesia. Pemain dengan tinggi badan mencapai 186 cm itu pun disertakan dalam skuad besutan Bima Sakti di Piala AFF u-16 2022. Pada akhir turnamen, Indonesia mampu menjadi yang terbaik usai membungkam Vietnam.

Di sepanjang turnamen tersebut, Arkhan hanya tampil di dua laga dan menyumbang satu gol. Namun, catatan penampilan itu tidak mencegah Arkhan dipanggil memperkuat timnas Indonesia di ajang babak kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Di ajang ini, Arhan benar-benar menunjukkan ketajamannya.

Nyaris tidak pernah absen di penyisihan Grup B, Arkhan mencetak total tujuh gol. Torehan tol ini termasuk saat mengemas empat gol ke gawang Guam, Oktober 2022. Dengan koleksi tujuh gol, Arkhan pun berada di peringkat kedua top skorer babak kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Sayangnya, Indonesia gagal melangkah ke putaran final Piala Asia U-17 2023 lantaran finish di peringkat kedua klasemen akhir Grup B setelah tertinggal satu poin dari Malaysia. Penampilan impresif itu pun sempat mengantarkan Arkhan dipercaya menghuni timnas Indonesia U-20 di tiga laga uji coba.

''Seorang striker dengan naluri, kecerdasan, dan kemampuan finishing yang luar biasa. Dia mencetak tujuh gol di babak kualifikasi Piala Asia U-17 2023, hanya terpaut satu gol dari top skorer di babak kualifikasi tersebut. Tidak hanya menjadi pemain kunci di timnas Indonesia U-17, Arkhan juga sudah memiliki caps di timnas Indonesia U-20,'' tulis ulasan laman resmi FIFA.

Arkhan pun disebut-sebut menjadi salah satu pemain yang performanya layak disimak di gelaran Piala Dunia U-17 2023. Terlebih, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Kesempatan pertama buat Arkhan untuk menunjukkan kemampuannya adalah saat Indonesia menghadapi Ekuador di laga pembuka, Jumat (10/11/2023) malam WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement