Sabtu 04 Nov 2023 22:03 WIB

KONI Dorong Promosi Tarung Derajat ke Tingkat Dunia

Tarung derajat adalah salah satu olahraga bela diri asli Indonesia.

Tarung derajat.
Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
Tarung derajat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mendorong promosi yang dilakukan PB Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) ke tingkat dunia sehingga memberikan dampak besar bagi bangsa Indonesia.

“KONI Pusat mendukung penuh langkah PB.KODRAT dalam mempromosikan Tarung Derajat ke tingkat dunia,” kata Sekjen KONI Pusat Lukman Djajadikusuma dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan, tarung derajat adalah salah satu olahraga bela diri asli Indonesia yang dirintis oleh Haji Achmad Dradjat. Pria kelahiran Garut 18 Juli 1951 menciptakan tarung derajat dengan pengalamannya bertarung di jalanan pada sekitar tahun 1960-an di Bandung. Akhirnya, Bandung menjadi tempat deklarasi bela diri tarung derajat tanggal 18 Juli 1972.

“Ini adalah olahraga bela diri asli Indonesia dan perlu kita perkenalkan ke seluruh penjuru dunia, diawali dengan Asia,” katanya.

Ia mengatakan dengan promosi ini diharapkan pecinta tarung derajat akan banyak di setiap negara sehingga membuat keuntungan tersendiri bagi Indonesia.

“Dengan banyaknya pecinta tarung derajat di dunia, pertama Indonesia akan bisa memberikan dukungan pelatih di berbagai negara dan juga di dalam negeri kita bangun pusat pelatihan yang mana akan mendorong Sport Tourism dan Sport Industry,” kata dia.

Kedua, dengan menghadirkan tarung derajat pada multievent internasional karena peminatnya banyak di beberapa negara. Pihaknya memulai di SEA Games sebagaimana pencak silat sudah mulai, kemudian Asian Games menjadi target berikutnya.

Ia mengatakan perlu melihat dan belajar taekwondo yang mulai ekshibisi Olimpiade pada 1988 di Seoul dan dipertandingkan pada Olimpiade Sydney 2000. Taekwondo sudah mengawali ini sejak lama, dan perlu tambahan waktu dari ekshibisi hingga dipertandingkan di Olimpiade. Namun saat ini target terdekat SEA Games

“Tarung derajat dan pencak silat juga harus terus diperjuangkan agar bertahap bisa menjadi salah satu cabang olahraga Olimpiade dengan diawali ekshibisi. Mempromosikannya ke seluruh dunia, diawali Asia menjadi langkah awal yang tepat. SEA Games menjadi target terdekat kita,” kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement