Senin 06 Nov 2023 21:39 WIB

Posisi Grealish Mulai Terancam oleh Doku, Guardiola Justru Berharap Ada Kemarahan di Sana

Doku menyumbang satu gol dan empag assists saat City menghantam Bournemouth.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain bintang baru Manchester City Jeremy Doku (kiri).
Foto: AP Photo/Peter Klaunzer
Pemain bintang baru Manchester City Jeremy Doku (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Torehan satu gol dan empat assist Jeremy Doku saat Manchester City membungkam Bournemouth, 6-1, Sabtu (4/11/2023) malam WIB, membuat posisi Jack Grealish kian terancam. Winger asal Belgia itu menjadi pesaing terberat Grealish dalam memperebutkan winger kiri di tim inti The Citizens.

Doku direkrut dari Rennes pada awal musim ini dan diikat kontrak dengan durasi lima tahun. Kehadiran winger berusia 21 tahun itu diharapkan bisa menjadi pelapis Grealish. Namun, Doku justru mampu tampil lebih impresif dibanding Grealish, yang sempat absen di empat laga lantaran mengalami cedera hamstring.

Baca Juga

Telah dipecaya tampil di empat partai, Doku sudah mengemas empat gol dan enam assist, termasuk torehan dua gol dan lima assist dari delapan penampilan di Liga Primer Inggris. Di sisi lain, Grealish belum membuka catatan gol ataupun assist meski telah merumput di 11 laga di semua ajang.

Pelatih Manchester City Pep Guardiola sadar dengan persaingan dua pemain ini. Guardiola justru berharap, Grealish menunjukan kemarahan usai tersingkir dari tim inti The Citizens. Kemarahan ini dinilai dapat menjadi motivasi awal buat winger asal Inggris itu untuk bisa kembali menemukan performa terbaiknya.

''Saya ingin Jack (Grealish) marah dan dia kembali tampil apik. Kemudian, saya juga berharap hal sama terhadap Doku. Dia marah apabila tidak mendapatkan kesempatan tampil secara reguler. Ini adalah cara untuk mempertahankan konsistensi performa di level tertinggi,'' tutur Guardiola seperti dilansir BBC Sports International, Senin (6/10/2023).

Saat ini, Guardiola mengungkapkan, Grealish dan Doku memiliki kesempatan yang sama untuk bisa tampil sebagai winger kiri The Citizens. Kala City membungkam Manchester United, 3-0, dua pekan lalu, Grealish tampil sebagai starter. Namun, kala City menghadapi Bournemouth, Grealish dipaksa memberikan posisi tersebut buat Doku.

Pelatih asal Spanyol itu pun memastikan, baik Grealish dan Doku akan memiliki kesempatan untuk bisa tampil secara reguler pada musim ini. Keduanya juga dianggap mempunyai gaya permainan yang berbeda, yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk bisa menghadapi lawan yang berbeda.

''Gaya permainan Grealish memberikan keuntungan buat kami di laga kontra United. Dia menjadi pemain yang penting buat kami. Saat ini, baik Grealish dan Doku bisa ditempatkan di posisi tersebut. Namun, kami membutuhkan semua pemain, karena akan ada banyak pertandingan yang masih harus kami lakoni,'' tutur eks pelatih Barcelona tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement