Selasa 07 Nov 2023 12:55 WIB
...

Ini Deretan Bintang Dunia yang Pernah Merumput di Piala Dunia U-17

Piala Dunia U-17 pernah memunculkan nama seperti Toni Kroos, Neymar, dan Phil Foden.

Bintang timnas Brasil dan klub Arab Saudi Al Hilal, Neymar Jr, yang pernah tampil di Piala Dunia U17 2009.
Foto: AP
Bintang timnas Brasil dan klub Arab Saudi Al Hilal, Neymar Jr, yang pernah tampil di Piala Dunia U17 2009.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pentas Piala Dunia U-17 2023 Indonesia mulai 10 November sampai 2 Desember nanti yang dikenal sebagai kejuaraan yang akan melahirkan bintang-bintang sepak bola dari berbagai negara itu, kini tinggal menghitung hari.

Indonesia sebagai tuan rumah akan menjadi saksi munculnya bintang-bintang sepak bola yang mungkin akan bersinar dan dikenal namanya dalam kurun waktu kurang lebih tiga sampai lima tahun mendatang.

Baca Juga

Memasuki edisi ke-19, Piala Dunia U-17 sebelumnya telah banyak memunculkan bintang-bintang sepak bola, mulai Toni Kroos, Neymar, hingga Phil Foden.

Berikut para bintang sepak bola yang pernah merumput di Piala Dunia U-17.

- Neymar (Brasil)

Pencetak gol terbanyak Brasil saat ini, Neymar, pernah menginjakkan kakinya di Piala Dunia U-17, tepatnya edisi 2009 di Nigeria. Saat itu, Neymar mencetak satu gol dari tiga laga. Namun torehannya itu gagal membawa Brasil lolos dari babak penyisihan grup karena hanya menempati peringkat ketiga.

Uniknya, bakat Neymar mulai tercium masyarakat Brasil pada gelaran itu. Pada Piala Dunia 2010, sebanyak 14.000 masyarakat Brasil menandatangani petisi agar Neymar dapat membela tim senior Brasil. Namun, pelatih saat itu, Dunga, memilih tidak memasukkan Neymar.

- Alisson Becker (Brasil)

Piala Dunia U-17 2009 adalah panggung yang pernah diikuti kiper andalan Liverpool, Alisson Becker. Saat itu, sayangnya pentas Alisson di kejuaraan dunia tersebut tidak berbuah manis karena ia gagal mencatatkan clean sheet.

Fakta menariknya, kini Alisson adalah menjadi penjaga gawang pertama yang mencetak gol kemenangan bagi Liverpool. Tepatnya pada Mei 2021, ia mencetak gol sundulan dramatis ke gawang West Bromwich Albion dan gol itu turut mengantarkan the Reds berlaga ke Liga Champions di musim setelahnya.

- Casemiro (Brasil)

Selain Neymar dan Alisson yang menghuni skuad Brasil U-17 pada Piala Dunia U-17 2009, ada juga nama Casemiro, gelandang yang kini memperkuat Manchester United.

Pada gelaran itu, Casemiro tampil dua kali dari tiga laga Brasil di penyisihan grup. Ia gagal mengantarkan Brasil lolos dari babak penyisihan grup. Namun, kekecewaan itu terbayarkan dengan tuntas ketika ia masuk skuad Brasil saat menjuarai Piala Dunia U-20 2011 Kolombia.

- Marquinhos (Brasil)

Tidak seperti tiga pemain Brasil yang membela negaranya di Piala Dunia U-17 2009, Marquinhos masuk skuad Brasil yang tampil lebih baik di Piala Dunia U-17 edisi 2011.

Bermain di jantung lini bertahan, Marquinhos membawa Brasil mencapai finis sebagai peringkat empat setelah dikalahkan Jerman dengan skor 3-4.

Seusai Piala Dunia U-17 2011, Marquinhos lalu bergabung dengan AS Roma sebelum semusim kemudian pindah ke Paris Saint-Germain (PSG), tim yang ia perkuat sampai saat ini.

- Toni Kroos (Jerman)

Gelandang yang bermain untuk Real Madrid itu pernah merasakan atmosfer Piala Dunia U-17 2007 saat mengantarkan negaranya Jerman meraih posisi ketiga. Saat itu, nama Kroos mendunia setelah ia meraih penghargaan Bola Emas atau pemain terbaik.

Prestasi Kroos lalu berlanjut pada ajang Piala Dunia 2014 dengan empat assistnya, ia mengantarkan Negeri Panzer menjuarai Piala Dunia keempat kalinya.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement