Rabu 08 Nov 2023 01:48 WIB
...

Iqbal Gwijangge, dari Sumedang Pimpin Timnas Indonesia ke Piala Dunia U-17 2023

FIFA menyebut Gwijangge sebagai pemain timnas U-17 yang layak dapat perhatian.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Kapten timnas Indonesia U-17, M Iqbal Gwijangge.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kapten timnas Indonesia U-17, M Iqbal Gwijangge.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iqbal Gwijangge menjadi pemain pertama dari skuad timnas Indonesia U-16 yang memegang trofi Piala AFF U-16 2022 silam. Status sebagai kapten tim membuat pemain kelahiran Sumedang, Jawa Barat, itu mendapatkan kehormatan tersebut.

Gwijangge akhirnya mengangkat trofi tersebut bersama rekan-rekan setimnya dalam seremoni penobatan Indonesia sebagai kampiun Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pertengahan Agustus lalu. Di laga final, Indonesia berhasil menundukan Vietnam, 1-0.

Baca Juga

Trofi Piala AFF U-16 2022 itu dilengkapi Gwijangge dengan gelar pemain terbaik turnamen kategori umur U-16 di kawasan Asia Tenggara tersebut. Tidak pernah absen di lima laga dalam edisi ke-15 Piala AFF U-16 tersebut, Gwijangge dinilai menjadi pilar penting dalam kesukesan Indonesia menapaki tangga juara.

Berposisi sebagai bek tengah, Gwijangge mampu tampil begitu tenang dan solid dalam mengawal lini belakang tim Garuda Muda. Pun dengan kemampuan Gwijangge dalam memimpin rekan-rekan setimnya di atas lapangan.

Kualitas ini pula yang membuat pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti, kembali menunjuk Gwijangge mengenakan ban kapten saat dipromosikan ke timnas Indonesia U-17.

Sayangnya, Gwijangge harus mengubur mimipi untuk mengantarkan Indonesia tampil di putaran final Piala Asia U-17 2023. Di babak kualifikasi, Indonesia hanya tertinggal satu poin dari Malaysia, yang finish sebagai juara Grup B. Gwijangge pun sempat absen lantaran mengalami cedera saat Indonesia berhadapan dengan Malaysia di laga pamungkas Grup B.

Namun, pemain dengan nama lengkap Muhammad Iqbal Gwijangge itu malah bakal memiliki kesempatan menjajal kompetisi di level yang lebih tingi, yaitu Piala Dunia U-17. Indonesia akan tampil di gelaran Piala Dunia U-17 2023 lantaran status sebagai tuan rumah. Gwijangge kembali dipilih menjadi kapten timnas Indonesia U-17.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement