Rabu 08 Nov 2023 17:00 WIB

Ini Kunci Jonatan Christie untuk Bisa Tampil Konsisten

Kekuatan pikiran yang positif penting untuk menjadi dasar konsistensi Jonatan.

Pasang surut prestasi pemain tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.
Foto: Republika
Pasang surut prestasi pemain tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, mengatakan kekuatan pikiran yang positif penting untuk menjadi dasar agar dirinya bisa tampil lebih konsisten lagi. Hal tersebut menyusul sejumlah pendapat yang menilai performa Jonatan naik-turun selama beberapa turnamen terakhir, seperti gugur di babak-babak awal Denmark Open 2023 dan Asian Games 2022 Hangzhou, sebelum akhirnya keluar sebagai juara French Open 2023 beberapa waktu lalu.

“Ya nggak mudahlah, melewati proses naik-turunnya juga. Ketika kita sudah sampai di titik juara, ekspektasi orang mungkin bakal lebih juga,” kata Jonatan saat ditemui di Pelatnas PP PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (8/11/2023. “Dari pengalaman kemarin juga ada beberapa kali merasa seperti sebenarnya mungkin orang lain tak secara langsung seperti memberikan pressure untuk masuk babak berapa atau juara gitu, cuma dari dirinya sendiri balik lagi, ada pemikiran-pemikiran seperti itu.”

Baca Juga

Saat ditanya bagaimana caranya untuk mengalihkan beban tersebut sebagai pemecut motivasinya agar bisa bangkit lagi dan lebih konsisten, Jonatan mengatakan, ia memiliki cara tersendiri untuk mengontrol sisi psikologisnya.

“Jadi kalau ditanya cara me-handle (pikiran jelek), ya, itu sih dari (sisi) psikologis, pemikirannya, karena dari pemikiran itu saya rasa cukup penting,” kata Jonatan menjelaskan. “Balik lagi, seperti kemarin sebelum French Open, saya kalah tiga kali di babak awal. Kalau saya tak bisa manage pikiran saya, mungkin di French Open akan sama hasilnya (kalah). Jadi, mungkin dari psikologis dan pemikiran sendiri.”

Lebih lanjut, tunggal putra peringkat empat dunia itu mengatakan, dirinya lebih fokus untuk mengembangkan diri daripada tenggelam pada lautan kritik yang tiada habisnya di media sosial.

“Jujur, saya tidak terlalu banyak lihat (komentar buruk) juga sih, itu membantu saya untuk meringankan pikiran saya sendiri, dan juga membantu saya untuk fokus kepada hal-hal yang lebih penting,” kata pebulu tangkis yang juga akrab disapa Jojo tersebut.

Setelah keluar sebagai juara French Open 2023, Jonatan segera fokus untuk berlatih dan mempersiapkan diri untuk mengikuti dua turnamen terdekat, yakni Turnamen BWF Super 500 Kumamoto Masters di Jepang pada 14-19 November, serta Turnamen BWF Super 750 China Masters 2023 di Shenzen pada 21-26 November.

Selain itu, Jojo mengaku cukup optimistis untuk menatap BWF World Tour Finals 2023 di Hangzhou, Cina, pertengahan Desember mendatang.

“Optimis sih optimis, karena kalau tidak salah, sekarang (saya di) peringkat dua dan masih ada pertandingan yang saya dapat poin full. Jadi ya mungkin bisa lolos, tapi saya tetap fokus di dua turnamen itu (Kumamoto dan China Masters),” kata Jonatan menegaskan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement