Rabu 08 Nov 2023 22:20 WIB

Timnas Uzbekistan U-17 Ingin Ukir Sejarah Baru di Piala Dunia U-17 2023

Uzbekistan adalah langganan Piala Dunia di kelompok junior.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Sepak Bola Timnas U17 Uzbekistan mengikuti latihan sebelum Piala Dunia U17 di Lapangan Blulukan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2023). Pada Piala Dunia U17 2023 ini Uzbekistan bertanding di Grup B bersama Spanyol, Mali, dan Kanada.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pemain Sepak Bola Timnas U17 Uzbekistan mengikuti latihan sebelum Piala Dunia U17 di Lapangan Blulukan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2023). Pada Piala Dunia U17 2023 ini Uzbekistan bertanding di Grup B bersama Spanyol, Mali, dan Kanada.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Pelatih Timnas Uzbekistan U-17, Jamoliddin Rakhmatullaev, menegaskan gelaran Piala Dunia U-17 2023 menjadi kesempatan berharga bagi anak asuhnya untuk menciptakan sejarah baru. Bagi timnas Uzbekistan U-17, Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia ini merupakan partisipasinya yang ketiga. 

Mereka punya catatan yang terhitung kinclong di level ini. Dari dua edisi sebelumnya, skuad yunior White Wolves ini selalu lolos dari fase gugur. Penampilan perdana mereka di edisi 2011 bahkan sukses mencapai babak perempat final. Sayangnya, Uzbekistan ketika itu dikandaskan oleh Uruguay dua gol tanpa balas.

Baca Juga

Kemudian pada edisi 2013, mereka juga bisa mencapai fase 16 besar. Langkahnya dihentikan Honduras dengan skor tipis 1-0. Jamoliddin menegaskan, edisi kali ini menjadi momentum penting bagi para pemainnya untuk mengukir sejarah baru. Timnas Uzbekistan U-17 bertekad untuk mengincar pencapaian yang lebih baik dibandingkan dua penampilan mereka sebelumnya di Piala Dunia U-17.

"Ya, Uzbekistan memang biasanya bisa berpartisipasi pada Piala Dunia di level usia muda. Dan memang benar pencapaian terbaik kami ialah babak perempat final di edisi 2011. Kami akan berusaha untuk menulis sejarah baru di Piala Dunia U-17 2023 ini dan membuat negara kami lebih dikenali," kata Jamoliddin Rakhmatullaev, dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Rabu (8/11/2023).

Menurut Jamoliddin, anak asuhnya sudah memperlihatkan motivasi besar untuk mewujudkan ambisi tersebut. Meskipun demikian, target ini juga tak mudah dicapai karena semua tim punya target masing-masing. 

"Soal aspek motivasi, saya pikir timnas Uzbekistan U-17 tidak mengalami masalah. Seperti yang Anda tahu, semua pemain di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia ini memahami betapa besarnya kejuaraan ini," katanya.

Menurut dia dua aspek terpenting yang sudah dimatangkan menuju pertandingan pertama ialah fisik dan psikologis. Dua hal ini dianggap penting agar para pemain bisa menghadapi persaingan ketat yang tersaji di kejuaraan ini.

"Itulah sebabnya, kami harus bisa mencoba memberikan seluruh kemampuan terbaik di lapangan. Soal motivasi, setiap pemain sepak bola harus memahami apa saja yang mereka harus lakukan. Oleh karena itu, kami juga sudah mematangkan aspek psikologi dan fisik selama masa persiapan," kata dia.

Pada Piala Dunia U-17 2023, Uzbekistan tergabung di Grup B bersama Spanyol, Mali, dan Kanada. Untuk laga perdana, mereka bakal berduel melawan Mali di Stadion Manahan, Solo, Jumat (10/11/2023) pukul 16.00 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement