Kamis 09 Nov 2023 06:06 WIB

Arsenal Selangkah Lagi Lolos ke Babak Gugur Setelah Bekap Sevilla

Arsenal menaklukkan Sevilla 2-0 pada laga Grup B Liga Champions.

Bukayo Saka (kanan) dari Arsenal mencetak gol kedua timnya ke gawang Marko Dmitrovic (tengah) dari Sevilla pada pertandingan Grup B Liga Champions UEFA di Stadion Emirates, London, Kamis (9/11/2023).
Foto: EPA-EFE/ISABEL INFANTES
Bukayo Saka (kanan) dari Arsenal mencetak gol kedua timnya ke gawang Marko Dmitrovic (tengah) dari Sevilla pada pertandingan Grup B Liga Champions UEFA di Stadion Emirates, London, Kamis (9/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal kembali ke jalur kemenangan dengan kemenangan 2-0 atas Sevilla pada Kamis (9/11/2023) dini hari WIB untuk mengambil langkah besar menuju babak gugur Liga Champions. Kemenangan di Stadion Emirates menempatkan Arsenal di posisi puncak Grup B dengan nilai sembilan dari empat laga, unggul empat poin dari PSV dan Lens di posisi kedua dan ketiga.

Arsenal hanya butuh hasil imbang kontra Lesn pada akhir bulan ini untuk lolos. Sementara kemenangan akan menggaransi mereka ke babak 16 besar sebagai juara grup. 

Baca Juga

Kekalahan beruntun di Piala Carabao dan Liga Primer Inggris sempat menghentikan momentum Arsenal. Namun gol-gol dari Leandro Trossard dan Bukayo Saka mengukuhkan posisi mereka sebagai pemuncak klasemen Grup B.

Trossard mencetak gol di menit ke-29 untuk membawa tim asuhan Mikel Arteta unggul dan Saka menegaskan dominasi Arsenal dengan sebuah gol menawan pada pertengahan babak kedua.

Juara Liga Eropa, Sevilla, tampil sangat mengecewakan dan hanya mampu melepaskan satu tendangan tepat sasaran, melalui sepakan terakhir di pertandingan tersebut. Harapan mereka untuk lolos ke babak 16 besar pun nyaris sirna karena baru mengoleksi nilai dua dari empat laga.

Satu-satunya noda pada malam yang bebas dari tekanan bagi Arsenal adalah melihat Saka, yang mencetak gol bagi Trossard, tertatih-tatih keluar lapangan pada menit-menit akhir setelah terjatuh.

Arsenal tampil efisien dan tidak terlalu spektakuler, TAPI mendominasi sejak peluit pertama. Kai Havertz seharusnya dapat membawa mereka unggul dalam dua menit, tapi sundulannya masih melebar.

Tuan rumah memimpin ketika Jorginho, yang menjadi kapten malam itu menggantikan Martin Odegaard yang cedera, mengoper bola kepada Saka di sisi kanan. Saka melanjutkannya dengan memberikan umpan kepada Trossard untuk mencetak gol kedua di Liga Champion musim ini.

Havertz dua kali nyaris mencetak gol setelah jeda, setelah satu tendangannya yang mengarah ke gawang dibelokkan dan melepaskan tendangan lainnya yang melebar dari tiang jauh.

Saka akhirnya memberi Arsenal ruang bernapas dengan upaya luar biasa, berlari menerima umpan Gabriel Martinelli di sisi kanan dan kemudian memotong ke dalam untuk melepaskan tendangan kaki kiri melewati kiper tim tamu Marko Dmitrovic.

Kiper Arsenal, David Raya, seharusnya bisa mendapatkan malam yang lebih baik, karena kurangnya keterlibatannya dalam pertandingan, dengan satu-satunya penyelamatannya terjadi pada menit keenam tambahan waktu dari Mariano Diaz.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement