Kamis 09 Nov 2023 17:27 WIB

Di Ambang Pecahkan Rekor Elite Valentino Rossi, Sohib Marquez Ini Rasakan Tekanan Hebat

Rossi pembalap terakhir yang jadi juara bersama tim satelit.

 Jorge Martin (kiri) di Chang International Circuit, Buriram province, Thailand, 29 October 2023.
Foto:

Secara umum Valentino Rossi jadi pembalap terakhir yang memenangkan gelar juara dunia kelas utama dari tim satelit. Pada tahun 2000 Valentino Rossi resmi naik kelas ke GP 500 lantaran sukses menjadi juara dunia di kelas GP 250 musim sebelumnya.

Menariknya pemilik nomor balap 46 digaet oleh tim HRC meski tak langsung diturunkan di tim pabrikan melainkan di tim satelit bernama Nastro Azzuro Honda, yang dibuat khusus untuk Rossi.

Anak baru tak langsung cakap terbang, ia butuh proses hal yang juga dialami the Doctor. Dalam musim pertamanya di kelas para raja, Rossi gagal menjadi juara dunia.

Rider asal Italia harus puas meraih tempat kedua dengan selisih 49 poin dari juara dunia Kenny Roberts Jr yang mengumpulkan nilai 258 poin.

photo
Legenda balap motor dunia, Valentino Rossi beraksi dengan motor 500 Cc di kelas utama MotoGP pada tahun 2001 silam. - (EPA PHOTO EFE/ALBERTO ESTEVEZ)

Kisah manis Rossi baru dimulai pada musim GP 500 2001. Rossifumi menggebrak mata para pencinta motor balap. Ia tampil begitu dominan dengan menyulitkan para rivalnya, seperti Max Biaggi, Alex Baros, Kenny Roberts Jr, dan Loris Capirosi.

Rossi sukses memenangkan 11 balapan dari 16 seri yang ada. Alhasil, Rossi keluar sebagai juara dunia dengan tim satelit Nastro Azzuro terakhir dalam sejarah panjang MotoGP.

Hingga saat ini, Rossi adalah sang raja. Tak terbantahkan. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement