Jumat 10 Nov 2023 15:14 WIB

Pesan Khusus Ayah Arkhan Kaka Sebelum Menghadapi Ekuador U-17

Piala Dunia U-17 merupakan kejuaraan internasional sekali seumur hidup bagi pemain.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Endro Yuwanto
Purwanto Suwondo, ayah dari penyerang timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (10/11/2023).
Foto: Republika/ Dadang Kurnia
Purwanto Suwondo, ayah dari penyerang timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (10/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Purwanto Suwondo, ayah dari penyerang timnas Indonesia U-17 Arkhan Kaka, menyampaikan pesan khusus kepada sang putra, menjelang pertandingan menghadapi Ekuador U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (10/11/2023). Ia berpesan agar Kaka bisa menunjukkan etos kerja yang baik di setiap pertandingan.

"Tadi bertemu, saya beri motivasi, tunjukkan yang terbaik. Jangan berpikir main bagus atau jelek, tapi berpikirlah etos kerja yang harus dikeluarkan di lapangan," kata Purwanto ditemui di area Stadion GBT Surabaya, Jumat (10/11/2023).

Baca Juga

Purwanto mengingatkan anaknya, gelaran Piala Dunia U-17 merupakan kejuaraan internasional untuk seusianya, yang tidak akan bisa diulangi. Maka ia pun berpesan kepada anaknya untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Purwanto menegaskan, untuk pemain berusia 17 tahun, skill bukan hal utama yang harus dimiliki. Menurutnya, yang paling penting yang harus dimiliki pemain berusia 17-an adalah etos kerja yang baik. "Saya berpesan kepada dia untuk selalu mempunyai etos kerja. Karena di usia 17 bukan skill yang utama, tapi etos kerja."

Purwanto menambahkan, ia tidak ingin membebankan kepada sang anak untuk bisa melaju hingga ke babak-babak tertentu pada gelaran Piala Dunia U-17 2023. Ia hanya mengingatkan, sukses atau tidaknya Kaka di masa depan itu bergantung pada usahanya sendiri.

"Saya tidak pernah membebankan target ke dia. Tapi, apa yang dilakukan, harus dipertanggungjawabkan. Kualitas, prestasi, sukses enggak-nya hanya kita sendiri yang menentukan. Ayah hanya ngasih tahu sebagai mantan pemain," ujar Purwanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement