Jumat 10 Nov 2023 16:13 WIB

Sang Ayah Ungkap Penyerang Timnas U-17 Ini Bertekad Jadi Legenda Sepak Bola Indonesia

Arkhan Kaka menyatakan kesiapannya untuk berkarier di luar negeri.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Endro Yuwanto
Purwanto Suwondo, ayah dari penyerang Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (10/11/2023) .
Foto: Republika/ Dadang Kurnia
Purwanto Suwondo, ayah dari penyerang Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (10/11/2023) .

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Purwanto Suwondo, ayah dari penyerang timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka mengungkapkan tekad sang anak untuk bisa menjadi legenda sepak bola Indonesia. Selain itu, lanjut Purwanto, Kaka juga bertekad bisa bermain di luar negeri.

"Dia pengen hidup dari sepak bola dan menjadi legenda sepak bola Indonesia," kata Purwanto ditemui di sekitaran area Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (10/11/2023).

Baca Juga

Purwanto melanjutkan, ia sering menekankan kesiapan Arkhan Kaka berkarier di luar negeri. Mengingat banyak pemain yang tidak berhasil saat berkarier di luar negeri, lantaran kurang siapnya mental. Sang anak, kata Purwanto, menyatakan kesiapannya untuk berkarier di luar negeri.

"Dia bilang saya mau berbuat yang terbaik buat saya, buat negara, tapi yang utama lagi saya pengen menunjukan kualitas saya agar bisa ke luar negeri. Kamu siap mental? Dia bilang mudah-mudahan siap," ungkap Purwanto.

Purwanto mengingatkan anaknya, gelaran Piala Dunia U-17 merupakan kejuaraan internasional untuk seusianya, yang tidak akan bisa diulangi. Maka ia pun berpesan kepada anaknya untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Purwanto menegaskan, untuk pemain berusia 17 tahun, skill bukan hal utama yang harus dimiliki. Menurutnya, yang paling penting yang harus dimiliki pemain berusia 17-an adalah etos kerja yang baik.

"Saya selalu berpesan kepada dia untuk selalu mempunyai etos kerja. Karena di usia 17 bukan skil yang utama, tapi etos kerja," jelas Purwanto.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement