Sabtu 11 Nov 2023 23:40 WIB

Terenyuh, Roberto Firmino Jelaskan Momen Emosional saat Tinggalkan Liverpool

Firmino lekat dengan Liverpool dari 2015 sampai 2023.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Roberto Firmino bereaksi setelah melakoni laga terakhirnya di Liverpool bulan Mei lalu.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Roberto Firmino bereaksi setelah melakoni laga terakhirnya di Liverpool bulan Mei lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Roberto Firmino meninggalkan klub yang telah membesarkan namanya Liverpool dengan bergabung ke klub Arab Saudi, Al Ahli pada musim panas 2023 kemarin. Kini, Firmino bicara tentang momen dirinya akan angkat koper dari Merseyside Merah.

"Saya menelepon agen saya Roger Wittmann dan Christian Rapp untuk bertemu tatap muka. Mereka sangat transparan mengenai segala hal yang terjadi dan pandangan klub mengenai masa depan saya," kata Firmino menjelaskan dilansir This is Anfield, Sabtu (11/11/2023).

Baca Juga

Firmino bergabung dengan Liverpool pada tahun 2015 lalu. Penyerang asal Brasil tersebut sudah mencetak 109 gol dari 360 penampilan di semua kompetisi bersama the Reds. Pun, mempersembahkan sejumlah gelar selama menjadi penggawa Liverpool termasuk titel Liga Primer Inggris serta trofi Liga Champions.

Setelah bermain delapan musim bersama skuad Juergen Klopp, Firmino memutuskan untuk mencari klub baru. Dirinya akan meninggalkan Stadion Anfield setelah kontraknya berakhir.

Pesepak bola berusia 32 tahun itu mengaku sudah mengetahui tanda-tanda bahwa dirinya akan pergi dari kota Merseyside. Itu dirasakan ketika sebelumnya mengadakan percakapan dengan Pendeta Daniel di Maceio.

"Saya banyak merenung dan menyadari bahwa rencana Tuhan adalah membawa saya ke tempat lain. Tuhan tidak ingin saya bertahan di Liverpool dan kali ini saya tak bisa menghindarinya lagi," sambung Firmino.

Alhasil eks pemain TSG Hoffenheim memutuskan untuk tidak melanjutkan kariernya di Anfield karena memang sudah saatnya untuk pergi mencari tantangan baru bersama klub lain.

Dirinya bersyukur setelah beberapa musim merumput di kompetisi paling bergengsi dunia, meski harus menyisakan rasa pilu di hati. "Waktuku di Liverpool telah berakhir.

Itu adalah kisah indah yang ingin saya selesaikan dengan cara yang benar. Kami sangat bersyukur atas semua yang kami alami di Inggris, semua impian kami, impian saya dan keluarga saya, terpenuhi," kata dia.

Firmino menambahkan apabila pelatih Juergen Klopp sudah lebih dulu tahu keputusannya untuk angkat koper dari tim. Pemilik 55 caps bersama timnas Brasil menulis pesan kepada sang pelatih tentang perpisahan.

Diceritakan Firmino, Klopp dengan perasaan mendalam menyebut dirinya tidak bisa memegang kendali penuh atas keinginan dan pilihan seorang pemain.

"Saya sangat memuji Bos, mengatakan bahwa dia adalah pelatih terbaik yang pernah bekerja bersama saya, dan sangat berterima kasih kepadanya atas kesempatan yang diberikannya kepada saya di Liverpool. Itu adalah momen yang paling emosional."

Kini Firmino bersama sederet pemain bintang sepak bola Eropa tengah mengemban tugas besar untuk mendongkrak popularitas olahraga kulit bundar di Timur Tengah.

Firmino resmi merapat ke Al Ahli dengan perjanjian kontrak selama tiga tahun. Di sana ia bermain bersama kiper edouard Mendy, yang juga meninggalkan Liga Primer Inggris setelah tiga musim bersama Chelsea.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement