Selasa 14 Nov 2023 16:25 WIB

Ikrar Shin Tae-yong Siap Semaksimal Mungkin Bawa Timnas Redam Irak di Kandangnya

Selain Irak, anak asuh STY juga bakal meladeni ketangguhan Filipina dan Vietnam.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) memberikan instruksi kepada para pemain saat sesi latihan.
Foto: Antara/Galih Pradipta
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) memberikan instruksi kepada para pemain saat sesi latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, BASRA -- Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, bereaksi jelang partai berkelas di depan mata. Pasukan Garuda akan bertemu tuan rumah Irak pada laga pertama putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026.

Indonesia dan Irak tergabung di Grup F. Duel ini bakal berlangsung di Basra International Stadium, Kamis (16/11/2023) pukul 21.45 WIB. Jelas, STY sangat menghormati setiap lawan.

Baca Juga

Termasuk skuad Lions of Mesopotamia ini. Apalagi, peringkat FIFA Irak jauh di atas pasukan Garuda. Tuan rumah berada di posisi 68. Sementara awak merah putih kini tertahan di urutan ke-145.

Itu gambaran nyata situasi terkini kedua tim. Kemudian duel berlangsung di markas lawan. Namun, bukan STY namanya jika menyerah begitu saja.

Segala sesuatu perlu dibuktikan di lapangan. Apalagi pada eranya, Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan telah jauh berkembang. Ia bahkan optimistis, skuad-nya mampu berbicara banyak di Basra.

"Memang peringkat FIFA mereka lebih baik dari Indonesia, juga lawan yang berat bagi kami. Apalagi, kita ini datang sebagai tamu, tetapi saya akan berusaha semaksimal mungkin, akan membuat taktik yang bisa meredam mereka," kata STY, dikutip dari laman resmu PSSI, Selasa (14/11/2023).

Tim nasional Indonesia sudah menjalani aktivitas di Basra, sejak Senin (13/11/2023). Pasukan Garuda berproses meningkatkan kebugaran. Terutama setelah perjalanan panjang. 

Pelatih fisik Shin Sang-gyu mengatakan kondisi awak merah putih dalam kedaan baik. Namun, perlu ada peningkatan energi. Tugasnya mengembalikan para pemain ke performa ideal.

Satu per satu mulai berdatangan. Rombongan terakhir telah bergabung. Ada  Elkan Baggott, Sandy Walsh, Nadeo Argawinata. Kemudian Pratama Arhan, juga Adam Alis.

Indonesia lolos ke putaran kedua setelah menyingkirkan Brunei Darussalam pada tahapan sebelumnya. Awak merah putih unggul agregat 12-0 atas Brunei. Kini tantangan lebih berat menanti.

Selain Irak, anak asuh STY juga bakal meladeni ketangguhan Filipina dan Vietnam. Nyaris semua pertandingan diprediksi berjalan ketat. Termasuk laga di depan mata.

Setelah bertempur di Basra, Indonesia bertamu ke Manila. Pasukan Garuda akan berhadapan dengan tuan rumah Filipina di Rizal Memorial Stadium, Kamis (21/11/2023), pukul 18.00 WIB.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement