Selasa 14 Nov 2023 17:19 WIB

Pesan Jenderal Lapangan Tengah Timnas Senior untuk Rekan-Rekannya Jelang Duel Vs Irak

Timnas akan merajut asa menuju Piala Dunia 2026.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Timnas Indonesia Eggy Maulana Fikri, Marc Klok dan Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Turkmenistan dalam laga kualifikasi Piala Asia U23 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023)malam.
Foto: Dok.PSSI
Pemain Timnas Indonesia Eggy Maulana Fikri, Marc Klok dan Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Turkmenistan dalam laga kualifikasi Piala Asia U23 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023)malam.

REPUBLIKA.CO.ID, BASRA -- Gelandang tim nasional Indonesia Marc Anthony Klok berbicara jelang duel kontra tuan rumah Irak. Pasukan Garuda akan berhadapan dengan skuad Lions of Mesopotamia di Basra International Stadium, Kamis (16/11/2023), pukul 21.45 WIB. 

Klok antusias menatap pertandingan ini. Ia merasakan energi positif di kubunya. Terutama ketika semua yang dipanggil telah bergabung. 

Baca Juga

Ia tak sabar untuk turun gelanggang. Kendati ia mengetahui perlu ada modal cukup ketika menghadapi salah satu elite Asia tersebut. Tentunya, mereka menargetkan hasil maksimal.

"Yang penting adalah cukup istirahat, latihan ekstra, makan sehat semua. Saya berharap hasik yang terbaik untuk mencapai prestasi yang optimal, nanti tanggal 16 dan 21. Target tentu menang, kami akan berjuang, karena Irak tentu bukan lawan yang mudah, kita lihat saja nanti," kata Marc Klok, dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (14/11/2023).

Timnas Indonesia sudah menjalani aktivitas di Basra, sejak Senin (13/11/2023). Pasukan Garuda berproses meningkatkan kebugaran. Terutama setelah perjalanan panjang. 

Pelatih fisik awak Merah Putih, Shin Sang-gyu mengatakan kondisi Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan dalam kedaan baik. Namun perlu ada peningkatan energi. Tugasnya mengembalikan para pemain ke performa ideal.

Apalagi Indonesia berhadapan dengan tim dengan amunisi lumayan mentereng. Ranking FIFA Irak jauh di atas pasukan Garuda. Fakta yang perlu diwaspadai.

"Ini pertandingan penting kita di putaran kedua. Jadi kita harusnya punya fisik dan performa yang baik. Dengan kondisi yang kita punya saat ini, kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkannya," ujar Sang-gyu.

Satu per satu mulai berdatangan. Rombongan terakhir telah bergabung. Ada  Elkan Baggott, Sandy Walsh, Nadeo Argawinata. Kemudian Pratama Arhan, juga Adam Alis.

"Perjalanan jauh tentunya melelahkan. Namun saat bertemu teman-teman, semua itu hilang," ujar Arhan.

Indonesia lolos ke putaran kedua setelah menyingkirkan Brunei Darussalam pada tahapan sebelumnya. Awak merah putih unggul agregat 12-0 atas Brunei. Kini tantangan lebih berat menanti.

Selain Irak, skuad polesan Shin Tae-yong juga bakal meladeni ketangguhan Filipina dan Vietnam. Nyaris semua pertandingan diprediksi berjalan ketat. Termasuk laga di depan mata.

Setelah bertempur di Basra, Indonesia bertamu ke Manila. Pasukan Garuda akan berhadapan dengan tuan rumah Filipina di Rizal Memorial Stadium, Kamis (21/11/2023), pukul 18.00 WIB.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement