Rabu 15 Nov 2023 16:20 WIB

Timnas Indonesia Siap Tempur Lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Total 25 pemain timnas Indonesia sudah berkumpul melengkapi skuad untuk laga vs Irak.

Bek timnas Indonesia Elkan Baggot melahap penuh menu latihan hari kedua sesi kedua di Irak, jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (16/11/2023).
Foto: Dok. Pssi
Bek timnas Indonesia Elkan Baggot melahap penuh menu latihan hari kedua sesi kedua di Irak, jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (16/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia senior telah siap bertempur melawan Irak pada laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Stadion Internasional Basra, Irak, Kamis (16/11/2023) pukul 21.45 WIB.

Tim Garuda siap berlaga di hadapan puluhan ribu penonton di Stadion Internasional Basra Kamis nanti karena pada Selasa (14/11/2023) waktu setempat semua pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong telah lengkap, minus dua pemain yang absen, Yakob Sayuri (menikah) dan Andy Setyo (cedera).

Baca Juga

Setelah pada Senin (13/11/2023) kedatangan lima pemain, Elkan Baggott, Sandy Walsh, Nadeo Argawinata, Pratama Arhan, dan Adam Alis, pada Selasa pagi timnas Indonesia kedatangan tiga pemain tambahan yang membuat total 25 pemain melengkapi skuad untuk laga melawan Irak.

Ketiga nama pemain yang datang adalah Asnawi Mangkualam Bahar, Shayne Pattynama, dan Rafael Struick. Ketiganya setelah tiba Selasa pagi langsung mengikuti sesi latihan sore bersama penggawa lainnya meski hanya berlatih pemulihan fisik.

Salah satu penggawa kloter terakhir yang datang, Asnawi mengatakan, perjalanannya menuju Irak memakan waktu yang sangat lama yaitu 26 jam.

“Alhamdulillah saya sudah tiba di tujuan dengan selamat. Perjalanan sangat jauh. Total waktu yang saya tempuh kurang lebih 26 jam,” ujar pemain Jeonnam Dragons itu melalui laman resmi PSSI, Rabu (15/11/2023). “Tadi hanya latihan pemulihan fisik, memang satu hari sebelumnya saya ada pertandingan, langsung berangkat ke Turki untuk transit, kurang lebih 11 jam. Lalu langsung berangkat ke Basra.”

Asnawi yang tiba sebagai kloter terakhir karena memperkuat timnya Jeonnam Dragons terlebih dahulu ketika menumbangkan Busan IPark dengan skor 3-0 dalam lanjutan K League 2 pada Ahad (12/11/2023) lalu, mengatakan, tidak ada kendala baginya meskipun menjadi pemain terakhir yang bergabung di Irak karena kondisinya dalam keadaan baik.

“Ya memang teman-teman lain sudah datang sebelum saya, tetapi karena saya masih ada pertandingan, kemarin, jadi tidak bisa langsung bergabung, tetapi kondisi saya saat ini Alhamdulillah baik, mungkin sedikit letih saja karena menempuh perjalanan yang sangat jauh, tetapi saya tetap optimis bisa bermain pada tanggal 16 nanti,” tegas pesepak bola 24 tahun itu.

Lebih lanjut, Asnawi tidak gentar dengan kekuatan Irak yang merupakan tim peringkat 68 dunia. Ia percaya, strategi sang pelatih nantinya berjalan sesuai rencana untuk membawa pulang tiga poin dari Irak.

Skuad Garuda pada hari ini pukul 16.45 waktu setempat dijadwalkan akan menjalani latihan resmi di Stadion Internasional Basra sebelum kemudian pada keesokan harinya akan melawan Irak di tempat yang sama.

Daftar 25 pemain timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 vs Irak:

1.  Nadeo Arga Winata - Borneo FC

2.  Muhamad Riyandi - Persis Solo

3.  Ernando Ari - Persebaya Surabaya

4.  M. Edo Febriansah - Persib Bandung

5.  Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

6.  Rizky Ridho - Persija Jakarta

7.  Jordi Amat - Johor Darul Tazim FC

8.  Elkan Baggott - Ipswich Town

9.  Sandy Walsh - KV Mechelen

10. Shayne Pattynama - Viking FK

11. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons

12. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

13. Saddil Ramdani - Sabah FC

14. Marc Klok - Persib Bandung

15. Rachmat Irianto - Persib Bandung

16. Ricky Kambuaya - Dewa United

17. Witan Sulaeman - Persija Jakarta

18. Egy Maulana - Dewa United

19. Adam Alis - Borneo FC

20. Arkhan Fikri - Arema FC

21. Hokky Caraka - PSS Sleman

22. Ramadhan Sananta - Persis Solo

23. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara Presisi FC

24. Dimas Drajad - Persikabo

25. Rafael Struick - ADO Den Haag.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement