Jumat 17 Nov 2023 16:46 WIB

Dipecat karena Dukung Palestina, El Ghazi Gugat FC Mainz 05

El Ghazi kembali menyerang dengan bersikap keras tentang genosida oleh Israel.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Klub Bundesliga Jerman, FSV Mainz 05, memberikan hukuman kepada penyerang Anwar El Ghazi yang mendukung Palestina.
Foto: AP/Andrew Boyers/POOL REUTERS
Klub Bundesliga Jerman, FSV Mainz 05, memberikan hukuman kepada penyerang Anwar El Ghazi yang mendukung Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, MAINZ -- Pesepak bola asal Belanda berdarah Maroko, Anwar El Ghazi, mengambil tindakan hukum terhadap mantan klubnya FSV Mainz 05 karena telah memutus kontrak kerja sang pemain.

Dilansir Inside World Football, Kamis (16/11/2023), El Ghazi menggugat pihak Mainz 05 setelah diputus kontrak karena menunjukkan dukungannya kepada rakyat Palestina di tengah perang Israel-Palestina.

Baca Juga

Mainz telah mengonfirmasi bahwa sidang pengadilan akan berlangsung pada 6 Desember 2024 mendatang. Klub Bundesliga Jerman itu awalnya menskors El Ghazi pada bulan Oktober, dengan menyatakan bahwa sang pemain telah mengambil sikap yang tidak dapat diterima terhadap perang.

Mainz mencabut skorsingnya setelah beberapa hari dan menyatakan Al Ghazi akan tersedia untuk seleksi lagi setelah diberi peringatan dan menunjukkan penyesalan.

Namun, El Ghazi kemudian menulis di media sosial bahwa dia tidak menyesal atau menjauhkan diri dari apa yang dia katakan dan tetap membela pun bersuara tentang kemanusiaan yang melanda masyarakat Palestina.

Mainz kemudian menjawab bahwa mereka gagal memahami dan terkejut dengan pernyataan eks pemain Aston Villa. Alhasil, kontraknya diakhiri dua hari kemudian.

Usai keputusan Mainz, El Ghazi kembali menyerang dengan bersikap keras tentang genosida yang dilakukan oleh militer Israel.

"Pertahankan apa yang benar, meskipun itu berarti berdiri sendiri. Hilangnya mata pencaharian saya tidak ada artinya jika dibandingkan dengan penderitaan yang menimpa orang-orang yang tidak bersalah dan rentan di Gaza," tulis pesepak bola 28 tahun.

Postingan pun unggahan El Ghazi berpotensi menimbulkan tuntutan pidana di Jerman karena dianggap sebagai hasutan untuk menghancurkan Israel. Sementara pengacara sang pemain menyebut hal itu merupakan sebuah kebebasan ekspresi dari salah satu masyarakat dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement