Ahad 19 Nov 2023 08:59 WIB

Usai Ditekuk Irak, Shin Tae-yong Klaim akan Persiapkan Tim Lebih Baik Vs Filipina

Shin mendorong para pemainnya untuk bisa lebih semangat dan melupakan kekalahan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) memberikan instruksi kepada para pemain jelang Kualifikasi Piala Dunia 2023 melawan Filipina.
Foto: Antara/Galih Pradipta
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) memberikan instruksi kepada para pemain jelang Kualifikasi Piala Dunia 2023 melawan Filipina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) Indonesia langsung menggelar latihan setibanya di Filipina. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tiba di Filipina, pada Sabtu (18/11/2023), pukul 07.00 waktu setempat, dengan menempuh waktu kurang lebih delapan jam. Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memahami pemainnya letih usai menempuh perjalanan jauh, namun ia ingin mempersiapkan tim lebih baik lagi.

“Memang setelah pertandingan melawan Irak, kita pindah ke Filipina, seharian di jalan, jadi kondisi pemain letih dan lelah, tapi saya akan mempersiapkan tim dengan baik," kata Shin dikutip dari laman resmi PSSI, Ahad (19/11/2023).

Baca Juga

Shin juga menyadari kekalahan telak lawan Irak 1-5 di laga pembuka putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia adalah hal yang menyakitkan. Namun, ia tak mau para pemain larut dalam kekecewaan. Pelatih asal Korea Selatan itu pun mendorong para pemainnya untuk bisa lebih semangat dan melupakan kekalahan tersebut. Ia ingin pemainnya tampil lebih baik dan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang dibuat sebelumnya saat nanti melawan Filipina.

“Jadi yang namanya sepak bola, bisa menang dan juga kalah, tetapi memang banyak faktor yang menyusahkan kita, mulai dari waktu, jet lag, dan lain-lain. Untuk itu saya mengingatkan kembali kepada para pemain agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan seperti mulai dari gol pertama ke gol ketiga,” ujar Shin.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, tiga dari lima gol itu, semua tercipta karena kesalahan sendiri.

"Kita kemasukan gol, jadi pemain pun paham, dan mengerti apa yang harus mereka lakukan sebelum melawan Filipina, jadi saya pun juga akan mempersiapkan pertandingan lebih baik, pastinya. Tentunya masyarakat bola Indonesia menantikan pertandingan berikutnya," kata Shin.

Untuk itu, sebagai pematangan persiapan, setelah tiba di Filipina pun Shin ingin para pemain langsung bisa beradaptasi. Dari cuaca, lingkungan hingga situasi dan kondisi lapangan di Stadion Rizal Memorial.

"Seperti apa yang dilihat, rumputnya (Stadion Rizal Memorial) bukan asli, tetapi sintetis. Jadi kita fokus latihan pemulihan dan sekaligus latihan biar pemain cepat adaptasi dengan rumput sintetis," kata Shin menjelaskan.

Laga antara tuan rumah Filipina melawan Indonesia akan bergulir pada Selasa, 21 November 2023, di Stadion Rizal Memorial, Manila pukul 19.00 waktu setempat.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement