Senin 20 Nov 2023 10:28 WIB

Skenario yang Bisa Jegal Italia Lolos Langsung ke Putaran Final Euro 2024

Italia dan Ukraina akan berebut tiket lolos langsung ke Euro 2024.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pemain Italia Matteo Darmian (kiri) merayakan golnya ke gawang Makedonia Utara pada Kualifikasi Euro 2024.
Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI
Pemain Italia Matteo Darmian (kiri) merayakan golnya ke gawang Makedonia Utara pada Kualifikasi Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, LEVERKUSEN --  Italia hanya butuh tambahan satu poin di laga pamungkas penyisihan Grup C, Selasa (21/11/2023) dini hari WIB, untuk lolos langsung ke putaran final Euro 2024. Ukraina menjadi penghalang terakhir Gli Azzurri dengan tiket terakhir lolos langsung ke putaran final Euro 2024 sebagai wakil Grup C.

Duel antara Italia dan Ukraina itu akan dihelat di tempat netral, Stadion Bay Arena, Leverkusen, Jerman. Di papan klasemen sementara Grup C, Italia dan Ukraina sama-sama memetik 13 poin dari tujuh pertandingan. Gli Azzurri berhak menempati peringkat kedua lantaran unggul jumlah selisih gol atas Ukraina.

Baca Juga

Tidak hanya itu, Italia juga unggul head to head atas Ukraina usai menang 2-1 pada pertemuan pertama, pertengahan September silam. Karena itu, meski hanya memetik hasil imbang alias meraih satu poin di laga kontra Ukraina, Italia masih berhak menemani Inggris tampil di putaran final Euro 2024 sebagai runner-up Grup C.

Kendati begitu, ancaman kegagalan lolos langsung ke putaran final Euro 2024 masih membayangi tim besutan Luciano Spalletti tersebut. Gli Azzurri pun harus melewati babak play-off untuk bisa tampil di Euro 2024 apabila skenario itu benar-benar terwujud.

"Italia akan lolos ke putaran final, apabila bisa menghindari kekalahan dari Ukraina. Jika menelan kekalahan dari Ukraina, maka Italia harus menjalani babak play-off kualifikasi Euro 2024,'' tulis laporan laman resmi UEFA, Senin (20/11/2023).

Jika menelan kekalahan dari Ukraina di laga tersebut, Italia akan ikut memperebutkan tiga tiket terakhir lolos ke putaran final Euro 2024 di babak play-off. Sebanyak 12 tim, yang ditentukan dari performa di UEFA Nations League musim 2022/2023, akan tampil di babak play-off dan dibagi dalam tiga jalur utama.

Kegagalan melangkah ke putaran final Euro 2024 akan menjadi mimpi buruk buat Italia. Terlebih, Gli Azzurri sempat gagal tampil di putaran final Piala Dunia 2022. Apabila gagal melangkah ke Euro 2024, maka Italia akan mencatatkan rekor terburuk di sepanjang sejarah lantaran gagal tampil di putaran final turnamen utama dalam secara beruntun.

Belum lagi dengan gengsi yang dipertaruhkan Gli Azzurri di babak kualifikasi Euro 2024. Maklun, Gli Azzurri merupakan kampiun edisi terakhir turnamen sepak bola paling bergengsi antarnegara Eropa tersebut, tepatnya saat merengkuh gelar juara Euro 2020 usai mengalahkan Inggris di partai final.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement