Selasa 21 Nov 2023 07:58 WIB

Hal Ini Jadi Keluhan Utama Shin Tae-yong Jelang Laga Timnas Indonesia Lawan Filipina

Setelah kekalahan 1-5 dari Irak, Asnawi Mangkualam dkk langsung bertolak ke Filipina.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain timnas Indonesia mengikuti latihan jelang di bawah arahan Shin tae-yong.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Indonesia mengikuti latihan jelang di bawah arahan Shin tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki beberapa keluhan menjelang pertandingan melawan Filipina di Stadion Rizal Memorial, Selasa (21/11/2023). Laga tersebut adalah matchday kedua Grup F putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Setelah kekalahan 1-5 dari Irak, Asnawi Mangkualam dkk langsung bertolak ke Filipina dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih delapan jam. Tiba di Filipina pada Sabtu (18/11/2023) pagi, skuad Garuda menggelar latihan perdana di sore harinya.

Baca Juga

"Kita harus mengakui bahwa kami menghadapi beberapa keterbatasan saat mempersiapkan pertandingan besok. Kami melewati situasi sulit. Seperti yang Anda sebutkan, perjalanan kami sangat panjang dan kita mengalami perbedaan waktu," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga, Senin (20/11/2023).

Selain itu, Shin juga mengeluhkan kondisi lapangan pertandingan yang berbeda. Seperti diketahui, rumput yang digunakan di Stadion Rizal Memorial adalah rumput sintetis. Menurutnya tim Merah Putih butuh lebih banyak waktu agar terbiasa dengan lapangan. 

"Kami memiliki keterbatasan waktu untuk beradaptasi dengan kondisi lapangan. Meskipun begitu, kami akan melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan pertandingan besok dan menunjukkan performa terbaik kami," ujarnya.

Namun, sebagai pemain level internasional menurutnya tim asuhannya harus bisa beradaptasi dengan cepat dalam situasi apapun. 

"Kita harus mengakui dan menghadapi kenyataan ini. Tidak mudah mengatakan bahwa kita bisa pulih dengan cepat, tanpa masalah. Mungkin besok kami akan mengalami kekurangan dari segi kebugaran, tetapi kami telah mempersiapkan diri dengan baik dari segi mental dan kami akan mengatasinya. Sejauh ini, kami sangat positif," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement