Selasa 21 Nov 2023 11:07 WIB

Berebut Tiga Tiket Terakhir Putaran Final Euro 2024 Lewat Playoff

Wales dan Kroasia tengah bersaing untuk memperebutkan tiket terakhir lolos langsung

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Penjaga gawang Islandia Hakon Rafn Valdimarsson melakukan penyelamatan saat pertandingan sepak bola kualifikasi grup J Euro 2024 antara Portugal dan Islandia, di Stadion Alvalade di Lisbon,  Senin, (20/11/2023)dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Armando Franca
Penjaga gawang Islandia Hakon Rafn Valdimarsson melakukan penyelamatan saat pertandingan sepak bola kualifikasi grup J Euro 2024 antara Portugal dan Islandia, di Stadion Alvalade di Lisbon, Senin, (20/11/2023)dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Finlandia, Ukraina, dan Islandia, menjadi tiga tim teranyar yang berhak tampil di fase play-off babak kualifikasi Euro 2024. Satu tim terakhir dari 12 tim yang tampil di fase playoff akan ditentukan dari hasil putaran pamungkas Grup G, Rabu (22/11/2023) dini hari WIB.

Wales dan Kroasia tengah bersaing untuk memperebutkan tiket terakhir lolos langsung ke Euro 2024. Kroasia, yang duduk di peringkat kedua dan unggul dua poin atas Wales, akan menghadapi Armenia, sedangkan Wales akan berduel dengan Turki pada laga terakhir penyisihan Grup D.

Baca Juga

Tim yang gagal memetik poin penuh di putaran tersebut masih memiliki peluang lolos ke putaran final Euro 2024 via jalur playoff, yang ditentukan berdasarkan ranking tim keseluruhan hasil UEFA Nations League musim 2022/2023. Sementara Kroasia menempati peringkat kedua, Wales berada di peringkat ke-16.

Pertimbangan serupa juga menempatkan Finlandia, Ukraina, dan Islandia. Tiga tim tersebut menempati peringkat ke-21, 22, dan 23 di ranking keseluruhan hasil UEFA Nations League 2022/2023 atau menempati peringkat ketiga. 

Nantinya, tiga tim ini akan diundi untuk menempati jalur di babak playoff Euro 2024. Rencananya, pengundian untuk tim-tim tersebut dan tuan rumah untuk partai final akan digelar di kantor UEFA pada 23 November mendatang.

''Dua dari tiga tim tersebut akan menghuni jalur B, sedangkan satu tim sisanya akan ditempatkan di jalur A,'' tulis penjelasan di laman resmi UEFA, Selasa (21/11/2023).

Sedangkan Kroasia/Wales akan menempati jalur A, yang telah dihuni oleh Polandia dan Estonia serta salah satu dari tiga tim, Finlandia/Ukraina/Islandia. Adapun Georgia, Yunani, Kazakhstan, dan Luksemburg sudah dipastikan menempati jalur C. Jalur B akan dihuni Israel, Bosnia-Herzegovina, dan dua tim dari Finlandia/Ukraina/Islandia.

Masing-masing jalur tersebut memang dihuni empat tim, yang langsung saling berhadapan di babak semifinal, kemudian dilanjutkan ke babak final. Pemenang di babak final berhak melangkah ke putaran final dan melengkapi 24 kontestan edisi ke-17 turnamen sepak bola paling bergengsi antaranegara Eropa, yang bakal digelar di Jerman tersebut.

Berbeda dari tiga jalur lainnya, jalur C sudah memastikan jadwal pertandingan. Georgia akan menghadapi Luksemburg di babak semifinal 1, sedangkan Yunani bakal berduel dengan Kazakhstan. Rencananya, semua laga semifinal di fase playoff akan digelar secara serentak pada 21 Maret 2024. Berselang lima hari kemudian, partai final digelar pada 26 Maret 2024.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement