Selasa 21 Nov 2023 19:56 WIB

Sebanyak 21 Tim Ikut Kejuaraan Bola Basket Antar-SMA Kribitions Cup 2023 di Kampus Unkris

Sportivitas harus jadi jiwa setiap tim untuk bekerja keras memenangkan laga.

Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono (tiga dari kiri) usai membuka Kejuaraan Bola Basket Antar SMA, Sabtu (18/11/2023).
Foto: Unkris.
Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono (tiga dari kiri) usai membuka Kejuaraan Bola Basket Antar SMA, Sabtu (18/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 21 tim mengikuti Kejuaraan Bola Basket Antar SMA “Kribitions Cup 2023” yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Basket Universitas Krisnadwipayana (Unkris). Kompetisi yang berlangsung di lapangan basket Unkris tersebut dibuka resmi oleh Rektor Unkris Dr Ir Ayub Muktiono pada Sabtu (18/11/2023) dan finalnya akan digelar pada 2 Desember 2023.

Ke-21 tim tersebut merupakan perwakilan dari SMA/SMK di wilayah Jakarta dan Bekasi. Mereka akan bertanding untuk memperebutkan piala bergilir rektor Unkris, serta gelar juara pertama, kedua, dan ketiga dengan hadiah masing-masing Rp 3 juta, Rp 2 juta, dan Rp 1,5 juta.

Pembukaan kejuaraan bola basket bertema “Keep Hustle, Win With Dignity” tersebut juga dihadiri Wakil Rektor Unkris 3 Dr Parbuntian Sinaga, SH, MH, Pembina UKM Basket Unkris Dr Harjono Padmono, ST, M.Kom, Presiden Mahasiswa Unkris Pier Lailossa, dan Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Unkris, Muhammad Adlani.

Rektor Unkris mengatakan, dalam kompetisi olahraga, hal yang harus dijunjung tinggi oleh semua peserta adalah jiwa sportif, saling menghargai, gentleman, dan berjuang pantang menyerah. “Menang dan kalah itu hal biasa dalam sebuah kompetisi,” kata Dr Ayub dalam sambutannya seperti keterangan tertulisnya yang diterima, Selasa (21/11/2023).

Dr Ayub mengingatkan bahwa para siswa dan mahasiswa sebagai bagian dari generasi muda, merupakan calon pemimpin masa depan bangsa menyongsong Indonesia Emas 2045. Karena itu, penting memiliki perilaku dan budaya hidup sehat di antaranya melalui olahraga. “Jadi kompetisi ini adalah penanaman budaya olahraga supaya badan kita sehat. Menang itu adalah bonus,” jelasnya.

Senada juga disampaikan Ketua Pembina UKM Bola Basket Unkris Dr Harjono. Menurutnya, sportivitas harus menjadi jiwa setiap tim untuk bekerja keras memenangkan pertandingan. “Kalau akhirnya keluar sebagai juara itu adalah sebuah dignity yang harus dicapai dan hal ini adalah roh kejuaraan ini yang harus dimiliki setiap peserta,” ujarnya.

Ketua DPM Unkris Muhammad Adlani menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya turnamen bola basket antarsiswa SMA. “Kepada semua peserta pertandingan agar tetap menjaga kondusivitas dan sportivitas karena ada yang lebih besar dari sekadar juara yaitu tali silaturahmi. Untuk teman-teman mahasiswa, mari kita jaga nama baik kampus Unkris, sebagai bagian dari branding kampus kita,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Adlani juga mengutip bintang basket Amerika Serikat yaitu Kareem Abdul Jabar yang pernah berkata "satu orang bisa menjadi bagian penting dalam sebuah tim, tapi satu orang tidak bisa membuat tim".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement