Rabu 22 Nov 2023 07:11 WIB

Tim-Tim Unggulan Melaju Mulus di Laga Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Son Heung-min mencetak dua gol dalam kemenangan Korsel 3-0 atas Cina.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Korea Selatan Son Heung-min
Foto: AP/Lee Jin-man
Penyerang Korea Selatan Son Heung-min

REPUBLIKA.CO.ID, SHENZEN -- Shon Heung-min menjadi aktor utama kemenangan Korea Selatan atas Cina pada laga kedua penyisihan Grup C Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona AFC, Selasa (22/11/2023) waktu setempat. Penyerang sayap Tottenham Hotspur itu mencetak dua gol dan satu assist dalam kemenangan 3-0 Korea Selatan atas Cina tersebut.

Dalam laga di Stadion Universitas Senzhen, Cina tersebut, Son membuka keunggulan lewat eksekusi penalti pada menit ke-11. Kemudian pada menit ke-45, Son mencetak gol kedua di laga ini sekaligus menebalkan keunggulan The Taegeuk Warriors atas tim tuan rumah. 

Baca Juga

Tidak berhenti sampai di situ, Son juga memberikan operan terakhir kepada Jun Seung-hyun sebelum merobek gawang Cina pada menit ke-87. Dengan hasil ini, Korea Selatan memimpin klasemen semegnara Grup B dengan koleksi enam poin dari dua laga. Di laga pembuka penyisihan Grup B, Korea Selatan mencukur Singapura 5-0.

Sedangkan buat Cina, ini menjadi kekalahan pertama di putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dalam laga pembuka, Cina sukses membungkam Thailand 2-1. Sementara pada laga lainnya, Thailand mampu memetik kemenangan perdana setelah menundukan Singapura 3-1.

Meski memiliki koleksi poin yang sama dengan Thailand, Cina harus puas duduk di peringkat ketiga klasemen sementara Grup C lantaran kalah jumlah selisih gol. Sedangkan, Singapura masih terpuruk di dasar klasemen tanpa meraih satu poin pun dari dua laga dan telah kebobolan delapan gol.

Hasil maksimal juga ditorehkan Jepang di penyisihan Grup B. The Samurai Blue mencukur Suriah 5-0 dalam laga di Stadion Prince Abdullah Al Faisal, Jeddah, Arab Saudi. Pada laga lainnya, Korea Utara mampu mengakhiri perlawanan Myanmar 6-1 di Stadion Thuwuna, Yangon, Selasa waktu setempat.

Dengan raihan poin sempurna, enam angka dari dua laga, Jepang memimpin klasemen sementara Grup B diikuti Korea Utara yang mengumpulkan tiga poin. Kemenangan atas Myanmar menjadi kemenangan perdana Korea Utara setelah di laga pembuka menyerah, 0-1, dari Suriah, tengah pekan lalu.

Dari Grup I, gol semata wayang Harry Soutar pada menit ke-18 sudah cukup mengantarkan Australia menundukkan Palestina 1-0. Laga ini terpaksa digelar di Stadion Jaber Al Ahmad, Kuwait, lantaran konflik Israel-Hamas, yang tengah berkecamuk di Palestina. Stadion Jaber Al Ahmad dipilih sebagai homebase timnas Palestina pada laga ini.

Sebelum laga digelar, para pemain dan staf pelatih dari kedua tim melakukan aksi mengheningkan cipta sejenak untuk menghormati korban agresi Israel ke Palestina. Kemenangan ini pun mengantar Australia memimpin klasemen sementara Grup I dengan koleksi enam poin. 

Selain Jepang, Korea Selatan, Australia, sejumlah tim unggulan juga memetik kemenangan di laga kedua seraya mempertahankan laju kemenangan di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona AFC. Arab Saudi membungkam Yordania, 2-0, dan memimpin klasemen sementara Grup G.

Pun dengan hasil positif yang ditorehkan Qatar dan Uni Emirat Arab. Rencananya, laga ketiga putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona AFC akan digelar pada pertengahan Maret 2024. Nantinya, dua tim teratas di fase putaran kedua berhak melaju ke babak selanjutnya dan memastikan satu tempat di Piala Asia 2027.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement