Rabu 22 Nov 2023 08:26 WIB

Kolombia Curi Tiga Poin dalam Lawatan ke Markas Paraguay

Kolombia mengalahkan Paraguay 1-0 dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Rafael Santos Borre mencetak gol penalti untuk Kolombia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol melawan Paraguay.
Foto: EPA-EFE/Daniel Piris
Rafael Santos Borre mencetak gol penalti untuk Kolombia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol melawan Paraguay.

REPUBLIKA.CO.ID, ASUNCION -- Gol penalti sudah cukup membawa Kolombia membungkam Paraguay 1-0 pada laga keenam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan (CONMEBOL), Rabu (22/11/2023) pagi WIB. Gol kemenangan Kolombia dalam lawatan ke markas Paraguay itu dicetak Rafael Santos Borre pada menit ke-11.

Dengan tambahan tiga angka dari lawatan ke Staidon Defensores del Chaco, Asuncion, tersebut, Kolombia memangkas jarak poin dari Argentina, yang berada di peringkat kedua. Kolombia mengoleksi 12 poin dari enam laga, sama dengan Albiceleste yang tengah bertanding melawan Brasil.
 
Ini juga menjadi kemenangan secara beruntun Kolombia dalam dua laga terakhir. Pada aga sebelumnya, Kolombia berhasil menaklukkan Brasil 2-1, tengah pekan lalu. Total, Kolombia telah mengemas tiga kemenangan dan tiga hasil imbang di kuaifikasi Piala Dunia 2026 Zona CONMEBOL.
 
Sedangkan buat Paraguay, kegagalan memetik poin di laga ini membuat Los Guaranies terpaku di peringkat ketujuh dengan koleksi lima poin dari enam laga. Paraguay kalah jumlah selisih gol dari Ekuador, yang berada di peringkat keenam atau posisi paling buncit untuk bisa lolos langsung ke Piala Dunia 2026.
 
Jalannya laga
 
Tempo permainan berjalan cenderung lambat pada awal laga. Kedua tim terlihat berhati-hati dan tidak langsung melakukan serangan agresif. Kendati begitu, gol pertama di laga ini sudah tercipta pada menit ke-11. Pelanggaran yang dilakukan Omar Alderete berujung hadiah penalti buat Kolombia.
 
Santos Borre, yang ditunjuk sebagai algojo, mampu menaklukan penjaga gawang tim tuan rumah, Carlos Coronel. Paraguay merespon kondisi ini dengan terus menekan pertahanan tim tamu. Tim besutan Daniel Garnero itu berusaha mengendalikan permainan sembari terus mencari celah di lini belakang Kolombia.
 
Namun, Kolombia terbukti mampu tampil cukup solid dan disiplin dalam menjaga lini pertahanan. James Rodriguez dan kawan-kawan sesekali membalas dengan melakukan serangan balik cepat. Dari segi organisasi permainan, Kolombia terlihat lebih rapi dibanding Paraguay. Keunggulan Kolombia pun bertahan hingga turun minum.
 
Pada babak kedua, situasi permainan tidak terlalu banyak berubah. Sesekali Kolombia mampu memasuki lini pertahanan Paraguay. Namun, peringkat ketiga Copa America 2021 itu kerap terburu-buru dalam menyelesaikan serangan. Pun dengan ancaman yang dilakukan Kolombia via serangan balik cepat.
 
Di sisi lain, Paraguay masih mengandalkan kecepatan dalam melancarkan serangan ke wilayah pertahanan tim tamu. Tim berjuluk Los Guaranies itu sempat memiliki peluang emas via sepakan Diego Gomez dari dalam kotak penalti menyusul kemelut di depan gawang. 
 
Namun, kiper Kolombia, Camilo Vargas, berdiri di posisi yang tepat untuk menghalau bola hasil sepakan Gomez tersebut. Hingga akhir laga, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Kolombia pun berhasil mencuri tiga poin dari lawatan ke markas Paraguay.
 
 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement