Rabu 22 Nov 2023 12:44 WIB

Nagelsmann Akui Belum Temukan Solusi dari Keterpurukan Timnas Jerman

Jerman takluk 0-2 dari Austria dalam laga uji coba.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Konrad Laimer (kiri) dari Austria beraksi melawan Antonio Ruediger (kanan) dari Jerman pada pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Austria dan Jerman di Wina, Austria, (22/11/2023)WIB.
Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Konrad Laimer (kiri) dari Austria beraksi melawan Antonio Ruediger (kanan) dari Jerman pada pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Austria dan Jerman di Wina, Austria, (22/11/2023)WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Tanpa merasakan satu pun kemenangan, termasuk dua kekalahan beruntun, menjadi catatan penampilan timnas Jerman dalam tiga laga terakhir. Padahal, Die Mannschaft tengah memasuki persiapan terakhir dalam menatap putaran final Euro 2024.

Tekanan buat Die Mannschaft pun semakin besar. Pasalnya, Jerman bakal menjadi tuan rumah edisi ke-17 turnamen sepak bola paling bergengsi antarklub Eropa tersebut pada pertengahan tahun depan. Namun, Jerman malah terus menunjukkan tren penurunan performa dan belum bisa bangkit dari keterpurukan.

Baca Juga

Teranyar, Ilkay Gundogan dan kawan-kawan menyerah 0-2 dari Austria di laga uji coba, Rabu (22/11/2023) dini hari WIB. Dalam laga di Stadion Ernst Happel, Wina, tersebut, Die Mannschaft menyerah via dua gol yang masing-masing dicetak Marcel Sabitzer dan Christoph Baumgartner.

Kekalahan ini melengkapi toreham minor Jerman di laga sebelumnya, tepatnya saat dibekp Turki, 2-3, akhir pekan lalu. Pun dengan kegagalan memetik kemenangan kala ditahan imbang Meksiko, 2-2. Sejak resmi ditangani Julian Nagelsmann, pertengahan Oktober silam, Die Mannschaft memetik satu kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kekalahan.

Nagelsmann, yang dipercaya menggantikan Hansi Flick sebagai pelatih permanen timnas Jerman mengakui belum menemukan solusi yang tepat terkait upaya peningkatan performa Die Mannschaft. Rendahnya kepercayaan diri, kata eks pelatih Bayern Muenchen, disebut menjadi salah satu faktor dominan dari keterpurukan Die Mannschaft.

"Kami berfungsi dengan sangat baik di sesi latihan, tapi hal itu tidak terlihat di pertandingan sebenarnya. Kami mungkin kehilangan sedikit kepercayaan diri. Hal ini tidak mengejutkan setelah berbagai hasil kurang memuaskan beberapa waktu lalu," kata Nagelsmann kepada ZDF seperti dilansir BBC, Rabu (22/11/2023).

Secara khusus, pelatih berusia 36 tahun itu merujuk pada performa anak-anak asuhnya di laga kontra Austria. Di laga tersebut, para penggawa Jerman justru tampil tertekan dan tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Nagelsman pun menyebut, masih banyak aspek yang harus dibenahi dari pola permainan Die Mannschaft.

"Kami tidak bermain dengan begitu nyaman. Ada begitu banyak pekerjaan yang harus kami lalukan di setiap lini permainan. Kami mesti menerima situasi ini, tapi kami juga tidak mau merasa sebagai korban," ujar Nagelsmann.

Berdasarkan jadwal pertandingan yang dirilis Federasi Sepak Bola Jerman (DBF), laga kontra Austria menjadi laga terakhir timnas Jerman sebelum tampil di putaran final Euro 2024.

Sebagai tuan rumah, Jerman sudah dipastikan akan menempati Grup A putaran final Euro 2024. Pengundian fase grup putaran final Euro 2024 rencananya akan digelar pada 2 Desember mendatang.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement