Rabu 22 Nov 2023 16:04 WIB

Gagal Raih Hasil Maksimal di Kualifikasi Piala Dunia, Shin Optimistis Tatap Piala Asia

Shin kerap beralasan hasil minor itu tak lepas dari waktu persiapan yang sempit.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Foto: Dok. PSSI
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia memperoleh hasil yang kurang memuaskan di dua laga Grup F putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Merah Putih harus puas dengan hanya membawa pulang satu poin setelah kalah 1-5 dari Irak dan imbang 1-1 lawan Filipina.

Awal yang buruk. Akan tetapi, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong optimistis Indonesia masih punya peluang lolos. Hasil ini membuat Indonesia terpuruk di peringkat terakhir klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga

Timnas Indonesia yang baru mengamankan satu poin harus berada di bawah Filipina karena selisih gol Filipina lebih baik. Sementara Irak dan Vietnam masing-masing menghuni urutan pertama dan kedua.

"Kami hanya mendapat satu poin dalam dua pertandingan, tapi kami masih punya tiga pertandingan kandang dan kemudian kami sangat kuat terutama ketika bermain di kandang sendiri. Jadi saya tetap sangat positif dan saya punya rasa percaya diri juga," kata Shin Tae-yong usai pertandingan, Selasa (21/11/2023).

Sementara itu, Shin yang kerap beralasan bahwa hasil minor itu tak lepas dari waktu persiapan yang sempit dan perjalanan jauh yang membuat tim kelelahan, ditanya tentang kesiapan tim menuju Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada Januari 2024. Pelatih asal Korea Selatan itu menilai masih punya banyak waktu untuk mempersiapkannya.

"Persiapan Piala Asia di Qatar, kami akan memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkannya sehingga dapat meningkatkan beberapa aspek taktis. Kemudian beberapa pemain yang tidak dapat bergabung dengan skuad kami selama pertandingan ini karena cedera akan kembali sehingga mereka juga akan bergabung dengan tim nasional kami," kata Shin.

Shin mengaku optimistis anak asuhnya akan berjuang keras untuk membawa skuad Garuda lolos ke babak 16 besar. Adapun dalam turnamen tersebut, Indonesia tergabung dalam Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Hanya berbeda satu tim dari Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, yakni Jepang yang bertukar tempat dengan Filipina.

"Jadi harapan saya adalah kami akan berusaha sebaik mungkin untuk lolos ke babak 16 besar," kata Shin menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement