Kamis 23 Nov 2023 11:11 WIB

Main Bola Bersama Anak-Anak Papua, Jokowi Singgung Pembinaan Bibit Pesepak Bola Indonesia

Jokowi bermain bola bersama anak-anak di di lapangan Kampung Sorido, Biak Numfor.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Presiden Joko Widodo bermain sepak bola dengan anak-anak Biak Numfor,
Foto: tangkapan layar Youtube
Presiden Joko Widodo bermain sepak bola dengan anak-anak Biak Numfor,

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK NUMFOR -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan bermain sepak bola dengan anak-anak di sela-sela kunjungan kerja ke Kabupaten Biak Numfor, Papua, Rabu (22/11/2023). Merumput di berbagai posisi, Jokowi terlibat menikmati pertandingan di lapangan di Kampung Sorido tersebut.

Berdasarkan unggahan video akun YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi mengenakan kaus berwarna putih, celana pendek berwarna merah, dan lengkap mengenakan sepatu berwarna hitam. 

Baca Juga

Jokowi sempat menjadi penyerang dan mencetak satu gol. Ia kemudian berganti peran menjadi penjaga gawang. Sayangnya, mantan wali kota Solo itu gagal menjaga gawangnya dari kebobolan. Namun, Jokowi terlihat begitu bahagia dan semringah saat bermain bola dengan anak-anak dari kampung setempat tersebut.

Jokowi menyebut alasan untuk menyempatkan bermain bola dengan anak-anak di sela-sela kunjungan kerja tersebut. ''Ya ini udah dua minggu nggak olahraga. Jadi, pengen olahraga, gitu aja, sama anak-anak di Kabupaten Biak,'' ujar Jokowi dalam keteranganya di unggahan video tersebut.

Kendati mengaku cukup kelelahan usai bermain bola dengan anak-anak asli Papua tersebut, Jokowi mengungkapkan kegembiraannya, termasuk saat berhasil mencetak satu gol. ''Ya, keringat keluar semua, tapi capek banget. Lumayan lah bisa nge-golkan/ satu,'' tutur Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun tidak luput menyinggung soal pentingnya pembinaan dan pembangunan bibit-bibit pemain muda guna mendorong prestasi sepak bola nasional. Pengembangan bibit-bibit talenta sepak bola Indonesia itu dibangun dari usia dini dan level paling bawah.

"Kemudian, nanti masuk ke Football Academy, anak-anak dan remaja, masuk ke U-14, U-17, U-20, dan seterusnya. Saya kira, pembinaan itu memang harus dari dasar untuk memperbaiki skill, fisik, kemudian tahan main selama dua ronde dan tambahannya. Fisiknya harus disiplin," kata Jokowi.

Selain kesempatan buat dirinya untuk berolahraga, Jokowi menyebut, bermain bola bersama anak-anak Papua di Kampung Sorido juga menjadi bentuk motivasi kepada anak-anak tersebut. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement