Kamis 23 Nov 2023 16:51 WIB

Begini Kondisi Asnawi Mangkualam Seusai Merumput di Rizal Memorial Stadium

Shin juga meminta Federasi Sepak Bola Filipina menyiapkan lapangan yang lebih baik.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Bek sekaligus kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bek sekaligus kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, membagikan foto luka-luka yang didapatnya dari pertandingan melawan Filipina pada matchday kedua Grup F putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di Rizal Memorial Stadium pada Selasa (21/11/2023).

Tim Merah Putih gagal meraih poin penuh pada laga tersebut, yang berarti Asnawi Mangkualam dkk hanya membawa pulang satu poin dari dua laga tandang. Sebelumnya, tim asuhan Shin Tae-yong dibantai oleh Irak dengan skor 1-5. Perolehan yang mengecewakan di pembukaan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga

Setelah dua laga tandang, para pemain dikembalikan ke klub masing-masing, termasuk sang kapten, Asnawi Mangkualam. Namun, pemain Jeonnam Dragons itu membagikan foto luka yang diterimanya saat menghadapi Filipina. Luka-luka itu didapatkan setelah bermain di Stadion Rizal Memorial yang masih menggunakan rumput sintetis.

"Filipina, makasih oleh-olehnya," tulis Asnawi melalui akun Instagram pribadinya, seperti dikutip pada Kamis (23/11).

Sebelum Asnawi membagikan foto luka-luka yang diterimanya, pelatih Indonesia Shin Tae-yong secara terang-terangan telah meminta agar Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) mempersiapkan lapangan yang lebih baik saat bertindak sebagai tuan rumah. Menurutnya Filipina harus memiliki lapangan yang berkualitas sesuai standar FIFA.

"Saya sarankan kepada Phily Football Association adalah sebaiknya Anda memiliki lapangan buatan berkualitas yang merupakan standar FIFA, jadi itu menunjukkan rasa hormat kepada tim tandang meskipun kalian bisa menghabiskan banyak waktu di lapangan ini untuk melakukannya, berlatih, dan beradaptasi, tapi tetap saja, saya harap lain kali jika kita bertanding di sini, semoga kondisi lapangan bisa lebih baik," kata Shin.

Shin menyebut hasil yang kurang memuaskan dari anak asuhnya tak lepas dari kondisi lapangan yang buruk. "Jadi kami mengalami kesulitan karena kondisi lapangan, namun para pemain memiliki adaptasi yang baik dalam 45 menit sehingga itulah alasan mengapa kami bisa tampil lebih baik di babak kedua berikutnya," ujar Shin menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement