Sabtu 25 Nov 2023 05:59 WIB

Peserta Lomba Atletik Pelajar SAC Indonesia 2023 di Jateng Meningkat Dua Kali Lipat

Ada 4.168 pelajar menjadi peserta SAC Indonesia 2023-Central Java Qualifiers.

Salah satu perlombaan di SAC Indonesia (ilustrasi).
Foto: dok DBL Indonesia
Salah satu perlombaan di SAC Indonesia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Partisipasi peserta lomba atletik pelajar Energen Champion SAC Indonesia 2023 terus meningkat di berbagai daerah. Termasuk di Central Java Qualifiers atau kualifikasi Jawa Tengah. Peningkatannya sampai dua kali lipat dibanding tahun lalu.

Hal tersebut diakui oleh Ketua Pengprov PASI Jateng, Rumini. "Alhamdulillah peserta tahun ini meningkat dua kali lipatnya,” ujarnya saat membuka Energen Champion SAC Indonesia 2023-Central Java Qualifiers di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/11/2023). 

Baca Juga

Meskipun Yogyakarta tahun ini masuk dalam Central Java Qualifiers, tapi Rumini melihat antusiasmenya peserta dari Jawa Tengah memang luar biasa. Termasuk dari kota maupun kabupaten Semarang.

“Sosiasialisasi SAC tahun ini makin meluas dan benar-benar tersebar. Sehingga, anak-anak sudah dari jauh bersiap-siap,” kata Rumini. Ia menyebut peningkatan peserta ini sebagai hal positif untuk pengembangan olahraga atletik di Jateng. 

Tercatat ada 4.168 pelajar menjadi peserta SAC Indonesia 2023-Central Java Qualifiers. Jumlah itu meningkat dari tahun lalu yang hanya 2.800 peserta.

Sebanyak 4.168 pelajar itu datang dari 392 sekolah. Mereka tersebar dari wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

Peserta SD mencapai 2.500 pelajar. Sementara peserta SMP berjumlah lebih dari 700 pelajar. Sedangkan peserta SMA mencapai 900 pelajar. 

Rumini menambahkan, sejak pertama kali digelar tahun lalu, SAC sudah memiliki tempat tersendiri di hati guru, pelatih, dan pelajar di Jateng. Apalagi, olahraga atletik memang sangat diminati oleh Jateng. 

Menurut Rumini, sebenarnya kejuaraan-kejuaraan pelajar di Jateng memang aktif. Salah satunya yang baru saja digelar di Kendal. 

“Sehingga ketika ada SAC, mereka melihat ini puncaknya. Sekolah-sekolah pun antusias dan totalitas,” ujar Rumini. 

PASI Jateng juga memanfaatkan SAC Indonesia 2023-Central Java Qualifiers sebagai persiapan event pelajar yang akan mereka gelar ke depannya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Dr. Bambang Pramusinto berharap lewat SAC Indonesia 2023-Central Java Qualifiers bisa ditemukan bibit atletik di Jateng. Terlebih lagi dari Kota Semarang.

Bambang menaruh harapan tinggi karena Central Java Qualifiers musim lalu telah mencatatkan prestasi luar bisa. Di mana tiga nomor sektor putri pecah di qualifiers ini. Oleh karena itu, Bambang percaya SAC Indonesia bisa menjadi wadah berprestasi bagi pelajar.

Ia melihat peningkatan antusiasme menunjukkan kualitas kompetisi ini memang baik. “Melihat capaian ini saya tentu mengucapkan terima kasih karena SAC Indonesia ini bisa membantu pengkaderan dari para pelajar," ungkap Bambang saat hadir di pembukaan Energen Champion SAC Indonesia 2023-Central Java Qualifiers.

Kehadiran SAC Indonesia juga diharapkan bsia membuat guru-guru PJOK lebih aktif mengikutsertakan pelajarnya berkompetisi. “Caranya dengan mendorong kepala satuan pendidikan untuk memberikan kesempatan agar para pengajar bisa terus berlatih,” ujarnya. 

Central Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan East Java Qualifiers.

SAC Indonesia merupakan hasil kerja sama PB PASI dan DBL Indonesia dengan dukungan Energen Champion. Pada penyelenggaraan musim lalu, SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement