Senin 27 Nov 2023 09:25 WIB

Puji Gol Garnacho, Ten Hag: Terlalu Cepat jika Dibandingkan Rooney dan Ronaldo

Garnacho harus bekerja sangat keras untuk menyamai Rooney dan Ronaldo.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Manchester United (MU), Erik ten Hag.
Foto: AP Photo/David Cliff
Pelatih Manchester United (MU), Erik ten Hag.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gol spektakuler Alejandro Garnacho untuk Manchester United (MU) pada Ahad (26/11/2023) bisa menjadi gol terbaik musim ini. Namun pelatih MU Erik ten Hag mengatakan, terlalu dini untuk membandingkan pemain mudanya itu dengan pemain-pemain seperti Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo.

Pemain berusia 19 tahun itu mencetak gol dengan tendangan salto yang menakjubkan di menit ketiga untuk membawa Man United meraih kemenangan 3-0 atas Everton di Goodison Park. Ia melompat menyambut umpan silang Diogo Dalot dengan tendangan gunting akrobatik ke pojok kanan atas yang langsung menarik perbandingan dengan mantan striker Man United, Rooney.

Baca Juga

"Musim ini, masih banyak pertandingan yang harus dimainkan, tetapi mungkin sudah menjadi gol musim ini," kata Ten Hag kepada wartawan dikutip Reuters. "Itu sangat luar biasa."

Garnacho, pemain asal Argentina ini mengatakan, ia sendiri tidak percaya bahwa ia telah mencetak gol.

"Saya tidak melihat bagaimana saya mencetak gol, saya hanya mendengarkan para penonton dan berkata 'Ya Tuhan'," kata Garnacho kepada NBC. "Salah satu gol terbaik yang pernah saya cetak, saya sangat senang."

Gol tersebut menyamai gol-gol dari Rooney dan mantan penyerang Man United lainnya, Cristiano Ronaldo, terutama gol tendangan salto Rooney saat derbi Manchester tahun 2011.

"Saya tidak bisa mempercayainya," kata mantan kapten Man United, Gary Neville, dalam siaran Sky Sports. "Saya rasa saya tidak pernah berada di stadion di mana saya melihat tendangan salto sebagus itu dan saya ada di sana pada hari ketika Rooney mencetak gol di derbi Manchester."

Namun, Ten Hag merasa tidak nyaman membandingkan Garnacho begitu cepat dengan dua nama terbesar klub dalam beberapa tahun terakhir.

"Jangan bandingkan," ujar sang pelatih yang menjalani skorsing satu pertandingan pada Ahad dan tidak berada di pinggir lapangan. "Saya rasa itu tidak benar. Mereka semua memiliki identitas masing-masing, tetapi bagi Garnacho untuk bisa seperti itu, ia harus bekerja sangat keras. Dan Anda harus melakukannya secara konsisten. Dan sejauh ini, ia belum melakukannya."

Namun, lanjut Ten Hag, Garnacho jelas memiliki potensi besar untuk melakukan hal-hal luar biasa. Ini bukan pertama kalinya ia melihat hal seperti itu. "Namun jika Anda ingin menjadi pemain seperti Rooney atau Ronaldo, Anda harus mencetak 20, 25 gol di Liga Primer, dan itu tidak mudah didapat. Namun potensi, dia memilikinya."

Gol tersebut membungkam para penonton di Goodison Park, kecuali para pendukung Man United yang melakukan perjalanan yang dengan lantang menyanyikan "Viva Garnacho." Bahkan pelatih Everton, Sean Dyche, terkagum-kagum dengan apa yang ia sebut sebagai "gol seumur hidup."

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement