Senin 27 Nov 2023 12:46 WIB

8 Fakta yang Tercipta Setelah Pecco Bagnaia Juara MotoGP 2023

Bagnaia mengikuti jejak Rossi dan Marquez raih gelar back to back di MotoGP.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo merayakan keberhasilannya menjuarai GP Valencia 2023. Kemenangan ini, dan gagal finisnya Jorge Martin, memastikan Bagnaia menjuarai MotoGP 2023, mempertahankan gelar yang diraihnya musim lalu.
Foto: EPA-EFE/BIEL ALINO
Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo merayakan keberhasilannya menjuarai GP Valencia 2023. Kemenangan ini, dan gagal finisnya Jorge Martin, memastikan Bagnaia menjuarai MotoGP 2023, mempertahankan gelar yang diraihnya musim lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Fransesco Bagnaia sudah resmi menjadi juara MotoGP 2023. Pembalap Ducati Lenovo itu konsisten meraih hasil positif nyaris di sepanjang musim ini bergulir.

Ia sempat mendapat perlawanan ketat dari Jorge Martin hingga balapan terakhir di GP Valencia, Ahad (27/11/2023). Namun, ketika Martin mengalami kecelakaan di GP Valencia, selesai sudah. Bagnaia atau yang sering dipanggil Pecco dipastikan finis di posisi teratas.

Baca Juga

Tentu saja sepak terjang Pecco menghadirkan sejumlah rekor. Dikutip dari MotoG-.cpm, Senin (27/11/2023), berikut data fakta yang tercipta setelah pria Italia itu berjaya.

1.  Ini gelar back to back Bagnaia di kejuaraan balap motor level teratas. Ia pembalap ketiga yang melakukannya pada era MotoGP. Ia mengikuti jejak Valentino Rossi dan Marc Marquez.

2.  Bagnaia pembalap Ducati pertama yang merebut lebih dari satu gelar juara dunia di kelas Premier.

3.  Bagnaia orang Italia ketika yang merebut lebih dari satu gelar juara dunia kelas premier saat mengendarai motor Italia. Ia mengikuti jejak Giacomo Agostini (MV Agusta) dan Umberto Masetti (Gilera).

4.  Bagnaia menjadi pembalap Ducati yang naik podium terbanyak (15) dalam satu musim kompetisi. Aksi impresifnya Pecco pada 2023 ini, melewati pencapaian Casey Stoner yang sebelumnya memegang rekor 14 podium bersama pabrikan asal Italia itu selama semusim.

5.  Bagnaia orang Italia keempat yang meraih lebih dari satu gelar juara dunia kelas premier bersama Giacomo Agostini (8), Valentino Rossi (7), dan Umberto Masetti (2).

6.  Bagnaia sudah meraih 18 kemenangan bersama Ducati di kelas premier. Ia berada di urutan kedua di belakang Casey Stoner (23).

7.  Bagnaia sudah naik 35 podium bersama Ducati di kelas premier. Ia berada di belakang Andrea Dovizioso (40) dan Casey Stoner (42).

8.  Bagnaia pembalap pertama yang meraih gelar di akhir tahun, setelah memenangkan seri pembuka. Ia mengikuti jejak Marc Marquez (2014), Jorge Lorenzo (2012), Casey Stoner (2007 dan 2011), Valentino Rossi (2002-2005).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement