Selasa 28 Nov 2023 12:31 WIB

Nama Lionel Messi Menjadi Identitas Salah Satu Daerah di Argentina

Kota Barrio 42 di Argentina diganti menjadi Lionel Messi.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Argentina, Lionel Messi (tengah), berselebrasi dengan para pendukungnya usai menang atas tuan rumah Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Rabu (22/11/2023).
Foto: EPA-EFE/Andre Coelho
Bintang timnas Argentina, Lionel Messi (tengah), berselebrasi dengan para pendukungnya usai menang atas tuan rumah Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Rabu (22/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SANTA FE -- Penghormatan terhadap Lionel Messi datang dari berbagai arah. Itu karena prestasi Messi di lapangan hijau.

Sebuah kota di Argentina akan memakai nama Lionel Messi sebagai identitas di daerah tersebut. Kota tersebut terletak di wilayah Santa Fe. Provinsi Santa Fe berada di timur laut negara Amerika Selatan tersebut.

Baca Juga

Messi sudah meraih segalanya di dunia sepak bola. Puncaknya ketika ia membawa tim nasional Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar. Itu melengkapi semua pencapaiannya di level timnas dan klub.

Tak terhitung jumlah penghargaan yang telah ia terima. Kini terus bertambah. Tak hanya dari aktivitas profesionalnya.

Penduduk di daerah yang awalnya bernama Barrio 42, memilih Messi menjadi nama lingkungan tempat tinggal mereka. Prosesnya melalui pemungutan suara. Sebagian besar sepakan akan konsep tersebut.

"Sekarang kami memantapkan nama lingkungan ini, yang merupakan sesuatu yang luar biasa, mewakili sepanjang sisa hidup kami. Lingkungan ini merupakan rumah bagi banyak keluarga pekerja muda. Orang-orang luar biasa, baik, dan istimewa," kata seorang anggota komite lingkungan daerah itu, kepada TyC Sports, dikutip dari marca.com, Selasa (28/11/2023).

Lingkungan tersebut tergolong baru. Berdiri sejak April 2023. Proses pergantian nama melewati prosedur semestinya.

Masyarakat bisa berinisiatif. Namun, tetap harus mendapat persetujuan Dewan Kota, agar Barrio 42 diganti menjadi Lionel Messi. Apa pun itu, ini merupakan dampak dari kehebatan La Pulga, julukan Messi.

Penduduk Argentina bersyukur memiliki bintang besar. Seseorang yang telah mengoleksi delapan gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or). Sudah banyak penghargaan individu yang masuk lemari trofi Messi.

Semakin lengkap ketika melihat apa yang terjadi di Santa Fe itu. Kelak, nama legenda hidup Barcelona akan terus dikenang sepanjang masa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement