Rabu 29 Nov 2023 05:34 WIB

Dortmund Amankan Tiket 16 Besar Liga Champions Usai Bekuk Milan

Dortmund memuncaki klasemen Grup F dengan nilai 10.

Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol ke gawang AC Milan dalam pertandingan Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/Daniel Dal Zennaro
Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol ke gawang AC Milan dalam pertandingan Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Borussia Dortmund memastikan tempat di babak 16 besar Liga Champions dengan mengalahkan AC Milan 3-1 di San Siro dalam pertandingan kelima Grup F yang berlangsung menarik pada Rabu (29/11/2023) dini hari WIB.

Milan seharusnya dapat unggul lebih dulu ketika mereka mendapat hadiah penalti karena handball bek Dortmund. Namun penjaga gawang Dortmund Gregor Kobel melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan tendangan Olivier Giroud dari titik putih pada menit keenam.

Baca Juga

Keadaan berbalik empat menit kemudian ketika gelandang Dortmund, Marco Reus, membawa tim tamu unggul melalui tendangan penalti. Wasit menunjuk titik putih menyusul pelanggaran yang dilakukan Davide Calabria terhadap Jamie Bynoe-Gittens.

Namun, Samuel Chukwueze menyamakan kedudukan untuk Milan dari dalam kotak penalti delapan menit sebelum jeda.

Bynoe-Gittens memulihkan  keunggulan Dortmund pada menit ke-59. Karim Adeyemi kemudian membuat skor menjadi 3-1 pada menit ke-69 setelah penjaga gawang Milan, Mike Maignan, dua kali berusaha menepis tendangan kerasnya, tapi bola tetap berhasil melewati garis gawang.

Penyerang Dortmund, Niclas Fuellkrug, nyaris memperbesar keunggulan dua menit sebelum pertandingan usai. Namun tendangannya masih membentur mistar gawang. Ini terjadi tiga menit setelah sundulan penyerang Milan, Luka Jovic, membentur tiang gawang.

Dortmund memuncaki klasemen grup dengan 10 poin. Paris Saint-Germain, yang bermain imbang 1-1 atas Newcastle United, berada di peringkat kedua dengan tujuh poin. Newcastle dan Milan sama-sama memiliki lima poin.

Milan, yang berada di dasar klasemen, masih dapat mengamankan tuiket ke babak gugur jika menang di kandang Newcastle dan Dortmund mengalahkan PSG pada pertandingan terakhir bulan depan.

 

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement