Rabu 29 Nov 2023 18:18 WIB

Federasi Sepak Bola Korsel Hukum Hwang Ui-Jo Akibat Skandal Video

Hwang Ui-jo dibekukan dari timnas Korsel.

Hwang Ui-Jo
Foto: EPA-EFE/Jeon Heon-Kyun
Hwang Ui-Jo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyerang timnas Korea Selatan Hwang Ui-jo dihukum Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) terkait dengan skandal video seksual yang melibatkan dirinya. Hwang dituduh terlibat skandal video seksual, yakni secara ilegal merekam aktivitas seksual tanpa persetujuan dari mantan kekasihnya.

"Sampai kesimpulan resmi diumumkan (terkait kasus tersebut), kami memutuskan untuk membekukan Hwang dari tim nasional. Mengingat sang pemain kini dalam penyelidikan sebagai tersangka, sulit baginya untuk melakukan kegiatan tim nasional secara normal," kata Ketua Komite Etik KFA Lee Youn-nam, dilansir dari AFP pada Rabu (29/11/2023).

Baca Juga

Lee menambahkan, para pemain timnas Korea Selatan harus mempunyai perilaku yang menjaga moralitas dan tanggung jawab tinggi. Dengan dicoretnya pemain berusia 31 tahun tersebut, Taegeuk Warriors harus mencari opsi pengganti di lini depan, mengingat ajang Piala Asia 2023 menyisakan waktu tujuh pekan.

"Penggemar sepak bola mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap timnas, (jadi) kami menganggap tidak pantas untuk memilih Hwang Ui-jo masuk ke tim nasional," urai Lee.

Saat ini, Hwang yang menjalani masa peminjaman di Norwich City, masih berlaga di kompetisi kasta kedua Liga Inggris. Hwang sempat mencetak gol dalam kekalahan Norwich City dari Watford, 2-3 dalam pertandingan Divisi Championship, Selasa.

Hwang terakhir membela Korea Selatan pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 dalam jeda internasional pertengahan November. Penyerang Norwich City tersebut mengantarkan tim asuhan Jurgen Klinsmann memperoleh dua kemenangan atas Singapura dan China pada babak kualifikasi.

Bersama dengan Korea Selatan, Hwang telah mencatatkan 62 penampilan dan mencetak 19 gol pada semua kompetisi. Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar mulai 12 Januari 2024, perjalanan Taegeuk Warriors akan dimulai kala bersua Bahrain pada 15 Januari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement