Ahad 03 Dec 2023 12:57 WIB

Ten Hag: Newcastle United Memang Layak Menang

Manchester United dipaksa pulang dengan tangan hampa.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ani Nursalikah
Pelatih Manchester United Erik ten Hag.
Foto: AP Photo/David Cliff
Pelatih Manchester United Erik ten Hag.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Gol semata wayang Anthony Gordon menjadi pembeda saat Manchester United melawat ke markas Newcastle United pada pekan ke-14 Liga Primer Inggris, Ahad (3/12/2023) dini hari WIB. Kekalahan 0-1 dari The Magpies ini sekaligus menghentikan laju kemenangan United di Liga Primer Inggris.

Sempat bangkit dengan rentetan kemenangan di tiga laga Liga Primer Inggris usai menelan kekalahan 0-3 dari Manchester City, akhir Oktober silam, United kembali terpuruk. Kali ini, Setan Merah dipaksa pulang dengan tangan hampa dari lawatan ke markas Newcastle United, Stadion St James Park.

Baca Juga

Anthony Gordon sukses menyambar umpan mendatar dari Kieran Trippier dari sisi kiri pertahanan United untuk mencatatkan namanya di papan skor. Gol pada menit ke-55 itu menjadi satu-satunya gol di laga ini. United sempat membalas pada penghujung laga, tepatnya saat bola sepakan Antony mengenai Harry Maguire dan masuk ke gawang The Magpies.

Namun, wasit menganulir gol itu lantaran Maguire kedapatan sudah berdiri dalam posisi offside. Terlepas dari keputusan wasit tersebut, The Magpies terlihat mampu mendominasi permainan. Selain mengendalikan permainan via penguasaan bola, tim besutan Eddie Howe itu juga terus menekan pertahanan Setan Merah.

Aleksander Isak dan kawan-kawan tercatat 22 kali melepaskan tembakan, termasuk empat tepat mengarah ke gawang. Di sisi lain, United hanya delapan kali melepaskan tembakan dengan satu tembakan tepat ke arah gawang. United tampil kurang memuaskan dan kesulitan untuk mengimbangi permainan tim tuan rumah.

Pelatih United Erik ten Hag mengakui Newcastle United memang layak meraih kemenangan di laga tersebut. Meski begitu, pelatih asal Belanda itu tetap memuji upaya anak-anak asuhnya untuk bisa bangkit pada 10 menit akhir.

"Pada akhirnya, kami berusaha untuk tetap bersaing di laga itu. Kami mengira sudah mencetak gol balasan. Sayangnya, gol itu dibatalkan karena offside. Jadi, seharusnya kami mungkin bisa memetik hasil imbang. Namun, secara keseluruhan, Newcastle United memang layak meraih kemenangan di laga ini," kata Ten Hag, seperti dikutip Sky Sports, Ahad (3/12/2023).

Kekalahan ini pun mengantarkan United menorehkan rekor negatif. Setan Merah tidak pernah menang dalam 13 laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris kala melakoni laga tandang ke delapan posisi teratas klasemen sementara. Tidak hanya itu, kekalahan ini juga membuat United harus rela turun satu peringkat ke posisi kedelapan klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Ten Hag masih cukup optimistis terkait kemampuan United bisa memperbaiki catatan minor ini. Sembari merujuk pada kemenangan beruntun di tiga laga sebelumnya, eks pelatih Ajax Amsterdam itu meminta anak-anak asuhnya untuk tetap menjalankan rencana yang telah disepakati.

"Kini, kami memiliki masalah baru. Kami akan mengatasi hal ini. Tim ini telah menunjukan kegigihannya, terutama setelah kekalahan dari City. Kami menunjukan bisa tetap bersatu, tetap percaya pada rencana yang sudah ada, dan kembali bangkit," kata Ten Hag.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement