Senin 04 Dec 2023 21:10 WIB

PSSI Yakin 2 Pemain Naturalisasi Terbaru Ini akan Mengangkat Prestasi Timnas

Salah satunya adalah pemain inti Venesia di Serie B.

Logo PSSI.
Logo PSSI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) optimistis naturalisasi terhadap dua pesepak bola asal Belanda, Jay Noah Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, akan mengangkat prestasi tim nasional (timnas) Indonesia di pentas Asia maupun internasional.

"Visi PSSI menjadikan timnas yang disegani dan berprestasi di level Asia bahkan dunia maka ini lah (upaya naturalisasi Jay Noah Idzes dan Nathan Tjoe-A-On) bagian dari upaya PSSI untuk berharap bahwa timnas kita adalah timnas yang squad-nya berada pada kualitas dan skill yang mumpuni," kata Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi dalam rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Menpora di Jakarta, Senin (4/12/2023). 

Baca Juga

Ia menjelaskan, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong telah memberikan alasan dan rekomendasi kepada PSSI bahwa skuad timnas saat ini yang didominasi oleh pemain lokal sangat belum mumpuni untuk bersaing di level Asia, apalagi dunia.

Menindaklanjuti hal itu, kata dia, PSSi menginventarisasi hingga menemukan sejumlah pemain keturunan orang Indonesia seperti Jay Noah Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

"Diharapkan kedua pemain ini secepatnya bisa memperkuat timnas kita pada event-event yang akan datang," katanya.

Yunus berharap dengan naturalisasi kedua pemain keturunan orang Indonesia bisa memberikan yang terbaik untuk prestasi timnas Indonesia pada kompetisi yang akan datang.

Jay Noah Idzez merupakan pesepak bola asal Belanda kelahiran 2 Juni 2000. Pemain ini merupakan keturunan Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Pesepakbola berposisi bek tengah itu berpengalaman sebagai pesepak bola di Eropa sejak berusia 18 tahun sebagai bagian dari tim inti sepak bola divisi teratas di Belanda dalam tiga musim terakhir.

Saat ini, ia pindah ke klub kasta 2 di Italia yaitu Venesia di Serie B dengan tujuan untuk promosi kembali ke Serie A. Ia memiliki menit bermain sebanyak 405 menit untuk empat pertandingan.

Sedangkan, Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On juga pemain sepak bola Belanda kelahiran 22 Desember 2001 yang memiliki faktor keturunan orang Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Pemain berposisi bek kiri itu merupakan pemain klub sepak bola asal Belanda dan bermain untuk Exelsior Rotterdam pada musim 2020/2021 dan bermain sebanyak 57 pertandingan dengan torehan 1 gol.

Pada musim 2023/2024 ia pindah ke Swansea City untuk kejuaraan sepakbola domestik Inggris, Divisi Championship pada Agustus 2023.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement