Selasa 05 Dec 2023 19:49 WIB

Radja Nainggolan 5 Miliar, Ini Daftar 5 Pemain dengan Bayaran Tinggi di Kompetisi Liga 1

Klub-klub Indonesia, dengan ditopang kekuatan sponsor mampu membayar mahal pemain.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Bhayangkara Presisi Indonesia FC Radja Nainggolan saat konferensi pers di GBK, Jakarta, Senin (4/12/2023). Mantan Gelandang AS Roma dan Inter Milan itu dikontrak selama setengah musim untuk memperkuat Bhayangkara FC di BRI Liga 1 Indonesia dengan nilai kontrak sebesar Rp5,5 miliar.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemain Bhayangkara Presisi Indonesia FC Radja Nainggolan saat konferensi pers di GBK, Jakarta, Senin (4/12/2023). Mantan Gelandang AS Roma dan Inter Milan itu dikontrak selama setengah musim untuk memperkuat Bhayangkara FC di BRI Liga 1 Indonesia dengan nilai kontrak sebesar Rp5,5 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 memang masih menempati peringkat keenam di Asia Tenggara. Liga Indonesia masih berada di bawah Liga Thailand, Liga Malaysia, Liga Vietnam, Liga Filipina, dan Liga Singapura. Sementara di Asia, Liga Indonesia berada pada peringkat ke-26.

Namun, itu bukan berarti atlet-atlet sepak bola baik lokal maupun mancanegara tidak tertarik untuk bermain di kompetisi sepak bola Indonesia. Pasalnya, dari segi pendapatan, klub-klub di Indonesia punya tawaran gaji yang menggiurkan bagi para pemainnya. Tak heran jika banyak pemain asing yang mau merumput di tanah air.

Baca Juga

 

1. Radja Nainggolan 

Pada Senin (4/12/2023), Bhayangkara FC telah resmi memperkenalkan eks pemain Inter Milan, Radja Nainggolan sebagai rekrutan anyar di sisa musim BRI Liga 1 2023/2024. Setelah 15 tahun berkiprah di sepak bola Eropa untuk memperkuat beberapa klub Serie A Italia seperti Piacenza, Cagliari, AS Roma, hingga Inter Milan, Radja kini punya komitmen dengan klub tanah air.

Menurut Transfermarket, Radja memiliki nilai pasar sebesar Rp 8,69 miliar. Kemudian, Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara FC, Sumardji, mengungkapkan nilai kontrak Radja Nainggolan cukup fantastis bersama Bhayangkara FC di BRI Liga 1 2023/2024. Sumardji mengatakan Radja akan mendapatkan gaji sebesar Rp 5 miliar lebih untuk setengah musim kompetisi.

"Kami sudah berkomunikasi dengan sponsor, dalam hal ini adalah BNI sehingga nilai yang kami sepakati itu memang bisa dikatakan cukup besar, kurang lebih dalam setengah musim itu lima miliar," kata Sumardji di Jakarta.

 

2. Marc Klok 

Marc Klok merupakan pemain naturalisasi yang kini membela Persib Bandung. Ia juga kerap menjadi langganan timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Dengan pengalaman dan usia yang masih cukup produktif, Transfermarket menaksir nilai pasaran Klok saat ini mencapai Rp 7,82 miliar.

Adapun gaji yang diterimanya saat bermain di Persib bandung adalah sebesar Rp 6,1 miliar per musim. Gaji ini menjadi salah satu yang tertinggi dibandingkan dengan pemain lain yang berlaga di Indonesia, sehingga Marc Klok merupakan pemain sepak bola dengan gaji fantastis di Liga 1 musim ini.

 

3. Stefano Lilipaly

Stefano Lilypaly merupakan pemain naturalisasi Indonesia yang saat ini bermain untuk Borneo FC. Ia beralih kewarganegaraan menjadi WNI pada Oktober 2011, kemudian mendapat panggilan pertama ke timnas Indonesia pada Agustus 2013.

Pada 2019, Stefano Lilipaly mengantarkan Bali United menjadi juara Liga 1 Indonesia. Menurut taksiran Transfermarket.com, Lilipaly memiliki nilai pasaran sebesar Rp 5,21 miliar. Adapun menurut beberpa sumber, gaji pemain ini tercatat sekitar Rp 6,8 miliar per musim.

 

4. Sonny Stevens 

Sonny Stevens adalah pemain sepak bola profesional kelahiran Belanda, 22 Juni 1992 yang berposisi sebagai penjaga gawang dan saat ini bermain untuk klub Dewa United. Ia memiliki nilai pasar yang cukup besar menurut Transfermarket.com, yakni mencapai Rp 7,82 miliar.

Dalam rekam jejaknya, Sonny Stevens sempat menjadi bagian dari skuad timnas Belanda U-20 pada tahun 2013. Ia mengawali karier di tim muda Volendam, kemudian memperkuat beberapa klub Eredivisie (kasta tertinggi sepak bola Belanda) seperti FC Twente, Excelsior, serta SC Cambuur. Lalu ia bermain untuk ADO Den Haag di kompetisi Eerste Divisie atau kasta kedua kompetisi Liga Belanda sebelum ke Indonesia. 

 

5. Taisei Marukawa

Taisei Marukawa merupakan pesepakbola kelahiran Jepang, 30 Januari 1997 yang bermain di posisi gelandang sayap untuk PSIS Semarang. Pada tahun 2021, Taisei bergabung dengan Persebaya Surabaya, kemudian melakoni debutnya untuk Persebaya saat melawan Persikabo 1973 dengan hasil akhir 3–1 pada 11 September 2021.

Dia mendapat penghargaan pemain terbaik di musim pertama bermain di Liga 1. Kemduian pada 1 April 2022, Taisei bergabung dengan PSIS Semarang dan masih memperkuat tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu di musim 2023/2024. Menurut taksiran Transfermarket.com, Taisei memiliki nilai pasar sebesar Rp 6,08 miliar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement