Selasa 05 Dec 2023 21:29 WIB

IBL Jalin Kerja Sama dengan Liga Basket Jepang B League

IBL menggelar format home and away mulai 2024.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Prawira Harum Bandung Reza Fahdani Guntara (kiri) berusaha melakukan blok  saat bertanding melawan tim Pelita Jaya Bakrie Jakarta pada laga pertama babak final Indonesian Basketball League (IBL) 2023 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis (20/7/2023). Prawira Harum Bandung berhasil mengalahkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dengan skor 65-74. Laga kedua babak final IBL 2023 akan digelar pada Sabtu 22 Juli di Gor C-Tra Arena Bandung.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemain Prawira Harum Bandung Reza Fahdani Guntara (kiri) berusaha melakukan blok saat bertanding melawan tim Pelita Jaya Bakrie Jakarta pada laga pertama babak final Indonesian Basketball League (IBL) 2023 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis (20/7/2023). Prawira Harum Bandung berhasil mengalahkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dengan skor 65-74. Laga kedua babak final IBL 2023 akan digelar pada Sabtu 22 Juli di Gor C-Tra Arena Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Basketball League (IBL) melakukan terobosan baru dengan menjalin kerja sama dengan Liga Basket Jepang, B-League.

Kerja sama tersebut dilakukan Selasa (5/12/2023) di Senayan, Jakarta dengan dihadiri Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah bersama Chairman B-League, Shinji Shimada.

Baca Juga

Dalam isi Memorandum of Understanding (MoU) membahas mengenai pengelolaan pertandingan home and away yang mulai diterapkan IBL pada musim 2024. Format ini sejatinya baru di Indonesia ketimbang di Jepang yang telah terlaksana dari tujuh tahun silam.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah berharap kerja sama ini dapat membantu tim-tim nantinya mengarungi kompetisi dengna format kandang dan tandang.

"Dengan pengalaman yang sudah dimiliki kami percaya betapa profesionalnya B. League dalam mengelola sebuah liga dan pentingnya memajukan industri dengan model bisnis yang tepat," ujar Junas.

"B League juga terbukti berhasil membantu setiap klub membangun fan basenya masing-masing dan potensi perolehan pendapatan. Pertukaran ilmu ini yang kami harap bisa meningkatkan profesionalitas IBL ke depan," imbuhnya.

Chairman of BLG, Shinji Shimada mengaku senang dengan kerja sama ini mengingat dirinya juga akan belajar banyak mengenai kompetisi basket di Tanah Air.

Diharapkan kerja sama yang dilakukan menguntungkan semua pihak sehingga perkembangan basket di Indonesia bisa berkembang ke arah yang lebih baik.

"Kami sangat percaya dengan potensi yang dimiliki IBL dalam mengelola basket di Indonesia. Sebuah kehormatan bagi kami bisa menjalin kerja sama dengan kompetisi basket yang tengah berkembang pesat ini," kata Shinji.

Kompetisi IBL 2024 rencananya digelar mulai Sabtu (13/1/2024) mendatang di empat kota. Pada hari perdana penyelenggara rencananya akan digelar di empat kota besar Indonesia yakni Bali, Surabaya, Jakarta, dan Bandung. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement