Senin 11 Dec 2023 11:36 WIB

Latihan Perdana Jelang BWF WTF 2023, Pemain Kondisikan Karpet Lapangan dan Shuttlecock

Latihan dua jam merupakan bagian persiapan jelang berlaga di BWF World Tour Finals.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Anthony Sinisuka Ginting
Foto: dok Hu
Anthony Sinisuka Ginting

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah tiba Ahad (10/12/2023) kemarin, tim bulu tangkis Indonesia menggelar latihan pertama di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China pada Senin (11/12/2023) pagi.

Latihan dua jam merupakan bagian persiapan jelang berlaga di BWF World Tour Finals (WTF) 2023. Latihan dibagi dalam dua sesi, 60 menit di lapangan pertandingan dan 60 menit di lapangan latihan.

Baca Juga

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Rionny Mainaky, menceritakan jalannya latihan tersebut. "Hari ini kami langsung dapat kesempatan mencoba lapangan pertandingan. Ada 60 menit dan anak-anak dalam kondisi fit," ungkap Rionny.

"Latihan cukup bagus, adaptasi juga minim kendala walaupun dengan lapangan yang cukup berbeda, karpetnya berwarna merah. Selain itu, kondisi shuttlecock juga menjadi fokus penyesuaian," lanjut Rionny.

Kakak kandung dari Rexy Mainaky ini pun tidak segan turun ke lapangan untuk mengasah kemampuan Bagas Maulana cs. "Di lapangan latihan tadi saya juga ada drill-drill sedikit untuk mereka. Mengasah dan mematangkan lagi pukulan-pukulan," kata Rionny.

Ia berpesan yang terpenting adalah menjaga kesehatan. Cuaca di Hangzhou sedang hujan dan dingin, jadi jangan sampai pemain terkena flu dan sebagainya.

Sementara pelatih tunggal putra Irwansyah menyampaikan kondisi Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting dalam keadaan prima. Kondisi lapangan dinilainya sangat bagus, besar, dan pas untuk pertandingan.

"Anak-anak dalam keadaan prima, dengan semua yang sudah disiapkan di Jakarta hari ini coba dikembalikan, feeling pukulan, adaptasi dan lain-lain. Jadi tadi banyak simulasi game," tuturnya.

Senada dengan Irwansyah, Anthony Sinisuka Ginting mengatakan tidak ada kendala berarti saat uji coba lapangan.

"Baru selesai latihan pertama, sejauh ini oke, tidak ada kendala tapi terus melakukan adaptasi. Besok masih ada kesempatan satu kali lagi mencoba lapangan jadi semoga bisa lebih baik sambil melihat ada perubahan atau tidak sebelum ke partai pertama nanti," kata Ginting.

Ginting yang pada edisi tahun lalu menembus babak final bertekad kembali memperbaiki performa.

"Setiap pemain punya harapan dan peluang yang sama. Jadi seperti biasanya saya ingin fokus ke diri saya sendiri untuk mempersiapkan diri dengan baik. Ingin di minggu ini memperbaiki performa dari turnamen-turnamen sebelumnya," kata Ginting.

BWF World Tour Finals 2023 bakal bergulir mulai 13-17 Desember. Pengundian babak grup dilaksanakan malam ini setelah acara gala dinner.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement