Selasa 12 Dec 2023 10:21 WIB

Gubernur Nagasaki Tersandung Dugaan Korupsi karena Ronaldo, Ada Apa?

Gubernur Nagasaki melewatkan pertemuan karena menonton Ronaldo.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Cristiano Ronaldo dari Al Nassr
Foto: EPA-EFE/JIJI PRESS
Cristiano Ronaldo dari Al Nassr

REPUBLIKA.CO.ID, NAGASAKI -- Kehadiran Cristiano Ronaldo menjadi magnet bagi penggemarnya. Bahkan, sekelas pejabat tinggi pun berusaha mati-matian untuk menikmati aksi pesepak bola berkebangsaan Portugal itu dari dekat.

Sebuah kontroversi terjadi di Jepang. Tepatnya pada Juli 2023 lalu. Saat itu, banyak klub menjalani pramusim di negeri Matahari Terbit.

Baca Juga

Tak terkecuali Al-Nassr, tim yang kini dibela Ronaldo. Tim elite Arab Saudi itu dijadwalkan bertemu Paris Saint Germain pada partai uji coba atau persahabatan.

Gubernur Nagasaki, Kengo Oishi, dikabarkan datang menikmati laga itu, dengan uang negara.

Duel Faris Najd kontra PSG berlangsung di Osaka. Jarak antara Nagasaki menuju Osaka, sekitar 732,1 kilometer. Itu melalui jalan darat.

Sang gubernur harus membeli tiket pertandingan. Laga ini menampilkan sejumlah bintang dunia.

Oishi mengeklaim, untuk urusan tersebut, ia memakai dana pribadi.

"Namun, akomodasi dan dana perjalanan, diambil dari kantong pemerintah. Lebih buruk lagi, gubernur tersebut sampai melewatkan pertemuan resmi untuk menghadiri pertandingan itu," demikian laporan yang dikutip dari goal.com, Selasa (12/12/2023).

Oishi mengeklaim memiliki tujuan yang lebih besar saat menuju Osaka. Bukan sekadar menonton pertandingan sepak bola. Ia berbicara dengan pihak Ronaldo tentang kemungkinan menjadi bagian dari sebuah acara publisitas pada masa depan. 

Beberapa pejabat lain, mengeluarkan pernyataan berbeda. Mereka menyebut tidak ada kesepakatan dengan mantan penyerang Juventus, Real Madrid, dan Manchester United itu. Sehinggu pro-kontra mulai terdengar.

"Tuntutan agar Oishi mengundurkan diri semakin banyak. Sementara banyak pendukungnya mengklaim, publisitas tersebut akan menguntungkan kota Nagasaki, yang berarti gubernur bertindak dengan iktikad baik," tambahan laporan itu.

Duel Al-Nassr versus PSG berkesudahan imbang 0-0. Neymar da Silva Jr memperkuat Les Parisiens saat itu. Kini Neymar sudah pindah ke Saudi Pro League, bergabung dengan Al-Hilal.

Ronaldo sendiri, belum mengeluarkan pernyataan apa pun terkait isu ini. Ia baru saja mencetak gol ke-50 sepanjang 2023, saat membantu Faris Najd mengalahkan Al-Shabab pada perempat final Piala Raja Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement