Selasa 12 Dec 2023 21:01 WIB

Baru Dinobatkan Jadi Pemain Terbaik Afrika 2023, Osimhen Malah Terancam di Napoli

Osimhen bisa absen setidaknya hingga awal Februari mendatang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Victor Osimhen terpilih sebagai pemain terbaik Afrika 2023. Penyerang Napoli itu mengungguli sejumlah nama mentereng, seperti Mohamed Salah dan Achraf Hakimi.
Foto: EPA-EFE/MOURAD BALTI TOUATI
Victor Osimhen terpilih sebagai pemain terbaik Afrika 2023. Penyerang Napoli itu mengungguli sejumlah nama mentereng, seperti Mohamed Salah dan Achraf Hakimi.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Victor Osimhen terpilih sebagai pemain terbaik Afrika 2023. Penyerang Napoli itu mengungguli sejumlah nama mentereng, seperti Mohamed Salah dan Achraf Hakimi, dalam pengakuan sebagai pesepakbola terbaik Benua Hitam pada tahun ini.

Penyerang asal Nigeria itu dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik Afrika 2023 dalam sebuah seremoni penghargaan di Maroko, Senin (11/12/2023) waktu setempat. Osimhen bahkan diketahui sempat absen dalam sesi latihan rutin I Partenopei guna menghadiri seremoni tersebut.

Baca Juga

Sesi latihan di Castel Volturno itu sekaligus menjadi salah satu persiapan I Partenopei dalam melakoni laga pamungkas penyisihan Grup C Liga Champions, kontra Braga, Rabu (13/12/2023) dini hari WIB. Imbas absen dari sesi latihan tersebut, penyerang berusia 24 tahun itu terancam mengawali laga di Stadion Diego Maradona itu dari bangku cadangan.

Pelatih Napoli, Walter Mazzarri, memahami alasan Osimhen untuk absen di laga tersebut. Namun, pelatih asal Italia itu mengaku bakal melakukan pembicaraan dengan Osimhen terkait peluang dirinya untuk dicoret sebagai starter di laga kontra wakil Portugal tersebut. 

''Dia sudah melakukan apa yang harus dia lakukan. Saya akan berbicara kepadanya, besok. Saya juga sepenuhnya paham apabila dia ingin merumput sejak awal laga di laga tersebut,'' tutur Mazzarri seperti dikutip Sky Italia, Selasa (12/12/2023).

Potensi mencoret Osimhen dari starting line-up I Partenopei di laga itu ternyata juga menjadi salah satu upaya awal Mazzarri agar tidak sepenuhnya bergantung pada top skorer Liga Italia musim lalu tersebut. Pasalnya, Osimhen kemungkinan besar akan absen membela I Partenopei pada awal Januari kala memperkuat Nigeria di gelaran Piala Afrika 2023, yang bakal digelar di Pantai Gading.

Apabila Nigeria mampu melaju hingga ke babak final turnamen tersebut, Osimhen bakal absen setidaknya hingga awal Februari mendatang. Mazzarri pun berencana untuk memaksimalkan dua penyerang lain yang dimiliki Napoli, Giovanni Simeone dan Giacomo Raspadori.

''Selain itu, Piala Afrika 2023 juga sudah dekat. Jadi, kami tahu, dia tidak akan memperkuat tim ini untuk jangka waktu tertentu. Kami juga memiliki dua pemain yang cukup bagus, Giacomo Raspadori dan Giovanni Simeone,'' tutur Mazzarri, yang dipercaya menggantikan Rudi Garcia pada awal November silam tersebut.

Setelah mengakhiri Serie A musim lalu sebagai top skorer dan mempersembahkan gelar Scudetto, Osimhen terbukti masih menjadi andalan I Partenopei pada musim ini. Eks penyerang Lille itu tercatat menjadi top skorer sementara I Partenopei dengan koleksi enam gol. Total, dari 14 penampilan di semua ajang, Osimhen telah mengemas enam gol dan dua assist.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement