Rabu 13 Dec 2023 09:58 WIB

Rio Ferdinand Senang MU tak Lanjut ke Liga Europa Setelah Gagal di Liga Champions

MU finis sebagai juru kunci Grup A Liga Champions.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Ekspresi kekecewaan para pemain Manchester United setelah dikalahkan Bayern Munchen 0-1 di Old Trafford dalam laga terakhir Grup A Liga Champions, Rabu (13/12/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Ekspresi kekecewaan para pemain Manchester United setelah dikalahkan Bayern Munchen 0-1 di Old Trafford dalam laga terakhir Grup A Liga Champions, Rabu (13/12/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Rio Ferdinand mengomentari hasil perjalanan Manchester United (MU) di pentas Liga Champions musim ini. MU gagal lolos ke babak 16 besar.

MU mendapatkan serangkaian hasil negatif. Teranyar, the Red Devils harus mengakui keunggulan Bayern Munchen 0-1 pada matchday keenam di Grup A di Stadion Old Trafford, Manchester, Rabu (13/12/2023) dini hari WIB.

Baca Juga

Ferdinand melihat armada Setan Merah telah berusaha keras. Namun kubu tamu berada di kelas berbeda. FC Bayern menunjukkan kematangan mental di level tertinggi.

"Kami mengerahkan segalanya untuk mendapatkan kemenangan hari ini, yang mana hal itu tak pernah terwujud," kata mantan bek MU itu kepada TNT Sports, dikutip dari laman Daily Mail.

MU hanya meraih satu kemenangan dan satu hasil imbang dalam enam pertandingan. The Red Devils mengoleksi empat poin. Pasukan Ten Hag finis sebagai juru kunci. Artinya, wakil Inggris ini bahkan gagal mendapatkan tiket play off menuju fase gugur Liga Europa.

Ferdinand mencoba berpikir dari sisi positif. Menurutnya, para juniornya kini berada di situasi yang lebih ideal.

Perlu diperjelas, target MU adalah terus bersaing di Liga Champions. Ketika itu tak bisa dicapai, biasanya klub raksasa seperti ini, sering terlempar ke kompetisi kelas dua Benua Biru.

Namun Ferdinand melihat hal itu bisa saja semakin memperburuk keadan pasukan Ten Hag yang sudah dihantam badai cedera.

"Saya lebih memilih mereka keluar dari Eropa sepenuhnya (jika gagal bertahan di Liga Champions), untuk berkonsentrasi di liga (domestik), dan membuat pemain kembali fit, daripada masuk ke Liga Europa, mengerahkan diri mereka lebih jauh lagi," ujar sosok yang kini aktif sebagai pundit itu.

Apa pun itu, Bruno Fernandes dan rekan-rekan harus segera menunjukkan kebangkitan. Mereka semakin tenggelam dalam tren negatif. Fakta menunjukkan United sudah mengalami tiga kekalahan di empat pertandingan terakhir dari berbagai ajang. 

Apesnya lagi, setelah ini MU  akan bertandang ke markas Liverpool dalam lanjutan Liga Primer Inggria. Duel dua tim klasik Inggris itu bakal berlangsung di Stadion Anfield,  Ahad (17/12/2023), pukul 23.30 WIB.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement