Kamis 14 Dec 2023 08:02 WIB

Pioli: Milan akan Lakukan Segalanya demi Gelar Liga Europa

Milan akan beralih ke playoff Liga Europa setelah menempati posisi kedua Grup F.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih AC Milan Stefano Pioli
Foto: AP Photo/Luca Bruno
Pelatih AC Milan Stefano Pioli

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- AC Milan meraih hasil positif pada matchday keenam Grup F Liga Champions musim 2023/24. Milan mengalahkan tuan rumah Newcastle United, 2-1, di Stadion St James Park, Kamis (14/12/2023) dini hari WIB.

Kubu tamu tertinggal terlebih dahulu. Pada menit ke-33, Joelinton membawa Newcastle memimpin. Skor 1-0 untuk keunggulan the Magpies bertahan hingga turun minum.

Baca Juga

Selepas jeda, I Rossoneri bangkit. Anak asuh Pioli bermain lebih efektif. Hasilnya terlihat. Milan berbalik memimpin melalui gol Christian Pulisic di menit ke-59, dan Samuel Chukwueze, sekitar enam menit sebelum waktu normal berakhir.

Sayang, hasil ini belum bisa meloloskan i Diavolo Rosso ke putaran selanjutnya. Theo Hernandez dan rekan-rekan finis di urutan ketiga Grup F.

"Campur aduk perasaaan ini. Tentu saja tersingkir dari Liga Champions, hal yang mengecewakan. Terutama jika mengingat betapa bagusnya kamu melakukannya pada musim lalu," kata Pioli kepada Sky, dikutip dari Football Italia.

Pada musim 2022/23, Rossoneri melaju hingga semifinal. Namun, kali ini terhenti di babak penyisihan. Sang arsitek mengetahui mereka berada di grup yang sulit. Selain Newcastle, Milan juga bersaing dengan Borussia Dortmund dan Paris Saint Germain.

Pioli menyesal di beberapa pertandingan lain, mereka kurang efisien. Sehingga sejumlah peluang emas terbuang percuma.

I Rossoneri sebenarnya memiliki delapan poin yang sama dengan PSG di urutan kedua. Hanya, Rafael Leao dkk kalah dalam urusan head to head dengan Les Parisiens. Liga Europa menunggu Il Diavolo.

"Itu berarti kami akan melakukan segala yang kami bisa lakukan untuk memenangi Liga Europa," ujar Pioli.

Secara keseluruhan, ia puas melihat performa pasukannya di markas Newcastle. Setelah bertahun-tahun, Milan akhirnya menang di Inggris.

Rossoneri tim ketiga setelah Liverpool dan Dortmund yang bisa berjaya di St James Park, sejauh musim ini berjalan.

Setelah ini, pasukan Pioli menghadapi AC Monza pada pekan ke-16 Serie A, di Stadion San Siro, Milan, Ahad (17/12/2023), pukuk 18.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement