Jumat 15 Dec 2023 22:40 WIB

Allegri Yakin Chiellini Tetap Sukses Berkarier Setelah Pensiun

Chiello dianggap menjalani momen luar biasa dengan serangkaian prestasi.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Ani Nursalikah
Pemain Italia Giorgio Chiellini berjalan melewati trofi pada akhir pertandingan sepak bola Finalissima antara Italia dan Argentina di Stadion Wembley di London, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB.
Foto: AP/Frank Augstein
Pemain Italia Giorgio Chiellini berjalan melewati trofi pada akhir pertandingan sepak bola Finalissima antara Italia dan Argentina di Stadion Wembley di London, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Massimiliano Allegri diminta berbicara tentang situasi Giorgio Chiellini. Allegri mengapresiasi perjalanan karier eks anak asuhnya itu.

Keduanya pernah bekerja sama di Juventus. Allegri telah kembali ke Juve. Sementara Chiellini sempat menuju MLS lalu memutuskan pensiun.

Baca Juga

Allegri mengenal dekat mantan kapten I Bianconeri itu. Secara teknis, kemampuan Chiello tak perlu diragukan lagi. Sosok 39 tahun itu, disebut-sebut sebagai salah satu bek terbaik dalam satu dekade terakhir.

Sang arsitek fokus pada aspek mentalitas. Menurut dia, produk akademi Livorno ini seorang pria cerdas. Di level profesional, Chiello dianggap menjalani momen luar biasa dengan serangkaian prestasi.

"Sekarang dia telah menyelesaikan sebagian dari tahapan hidupnya, dan harus memutuskan apa yang akan dilakukan di masa depan. Dia memiliki semua karakteristik untuk memainkan peran berbeda," kata Allegri, dikutip dari Football Italia, Jumat (15/12/2023).

Tak berlebihan apa yang diutarakan eks allenatore AC Milan ini. Chiellini memiliki jiwa kepemimpinan. Saat masih aktif bermain, sang bek merupakan kapten Juventus dan timnas Italia.

Itu modal berharga untuk memasuki fase berbeda. Terutama dalam peran manajerial. Entah sebagai pelatih, direktur olahraga, atau bahkan di luar sepak bola.

Total Chiellini berkostum Juve dalam 561 pertandingan. Hitungannya dari berbagai ajang. Selama periode tersebut, ia turut mencetak 36 gol.

Chiello merasakan nikmatnya menggenggam berbagai trofi. Itu termasuk sembilan gelar scudetto. Ia sah menjadi legenda hidup Bianconeri.

Apakah sang mantan kapten bakal kembali ke Turin? Segala sesuatu bisa terjadi. Sejauh ini, belum ada rumor mengenai hal itu.

Para yuniornya sedang mempersiapkan diri jelang kunjungan ke Marassi. Juventus akan menghadapi tuan rumah Genoa di Stadion Luigi Ferraris, Sabtu (16/12/2023), pukul 02.45 WIB.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement