Selasa 19 Dec 2023 07:48 WIB

Fluminense Kalahkan Al-Ahly, Tunggu Man City Atau Urawa Red di Final Piala Dunia Antarklub

Fluminense susah payah menaklukkan juara Afrika Al Ahly 2-0 di semifinal.

Marcelo (kedua kanan) dari Fluminense mendapat hadiah penalti dalam laga semifinal Piala Dunia Antarklub FIFA 2023 antara Fluminense FC dan Al Ahly di Jeddah, Arab Saudi, Selasa (19/12/2023) dini hari WIB..
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Marcelo (kedua kanan) dari Fluminense mendapat hadiah penalti dalam laga semifinal Piala Dunia Antarklub FIFA 2023 antara Fluminense FC dan Al Ahly di Jeddah, Arab Saudi, Selasa (19/12/2023) dini hari WIB..

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Jhon Arias dan John Kennedy mencetak gol pada babak kedua untuk mengantarkan tim Brasil Fluminense ke final Piala Dunia Antarklub 2023. Fluminense dengan susah payah mengalahkan tim Mesir Al Ahly 2-0 pada semifinal di King Abdullah Sports City, Selasa (19/12/2023) dini hari WIB.

Juara Copa Libertadores ini akan menghadapi pemenang semifinal lainnya yang mempertemukan Manchester City melawan Urawa Red Diamonds dari Jepang pada Rabu (20/12/2023) dini hari WIB. Partai final akan berlangsung Sabtu (23/12/2023) di Jeddah.

Baca Juga

Ini merupakan pertandingan yang menarik, dengan Fluminense yang agresif dan mendominasi penguasaan bola. Namun mereka sering kali terekspos oleh serangan balik Al-Ahly, sang juara Afrika.

Pemain sayap Kolombia, Arias, merupakan ancaman yang konstan, berlari ke sana kemari di sisi kanan. Upayanya membentur tiang gawang dua kali di babak pertama.

Namun, Al-Ahly menyia-nyiakan beberapa kesempatan, menggunakan kecepatan Kahraba dan Percy Tau untuk melakukan serangan balik cepat.

Kahraba digagalkan dari dua peluang awal, pertama oleh Samuel Xavier yang melakukan penyelamatan gemilang di depan gawang pada menit ke-19. Kedua, kiper Fabio melakukan penyelamatan gemilang dengan satu tangan untuk menepis sundulan dari jarak dekat sebelum jeda.

Dilatih oleh pelatih caretaker asal Brasil, Fernando Diniz, Fluminense akhirnya berhasil memecah kebuntuan berkat mantan bek sayap Real Madrid, Marcelo. Ia melewati satu pemain bertahan lawan untuk masuk ke dalam kotak penalti sebelum dilanggar dari belakang.

Arias berhasil mengeksekusi tendangan penalti yang masuk ke tiang kanan gawang dan tidak terjangkau oleh penjaga gawang. 

"Saya selalu mencoba melakukan sesuatu yang berbeda. Saya selalu mencoba sepanjang karier saya," kata Marcelo kepada TV Brasil Globo.

"Pada saat itu, permainan sedang mengalami kebuntuan. Saya bahkan tidak berpikir tentang gol nutmeg, itu terjadi, saya berpikir untuk menggiring bola untuk masuk ke dalam kotak penalti. Jadi saya berhasil berada di depannya dan dia melakukan pelanggaran terhadap saya... Itu tidak dipikirkan, itu terjadi di tempat dan itu bagus."

Al-Ahly memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan satu menit kemudian, tapi Tau gagal melakukan sundulan yang mengarah ke gawang dari jarak dekat.

Ketika Al-Ahly mencoba untuk menyamakan kedudukan, pertahanan mereka terbuka. Fluminense mengambil keuntungan dengan pemain pengganti Kennedy menambahkan gol kedua pada menit ke-89 dengan tendangannya saat menyelesaikan serangan balik.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement